Tunggu, sedang memuat. . .

Teknik Yang Harus Dilakukan Untuk Menanam Semangka

Teknik Yang Harus dilakukan Untuk Menanam Semangka – anda pasti tidak asing lagi dengan buah semangka, buah yang banyak disukai semua orang karna rasanya manis dan banyak juga vitamin yang terkandung di dalamnya.tidak heran banyak orang orang yang mulai membudidaya buah ini sebab banyak permintaan pasar yang tinggi. berikut langkah langkahnya dalam membudidaya tanaman semangka serta teknik teknik yang harus dilakukan.

semangka-1

1.Menyiapkan Lahan

langkah awal dalam menanam tanaman ini adalah menentukan lahan.tanaman semnagka dapat tumbuh dengan baik di daratan rendah maupun tinggi yang berkisar 0-1000 meter diatas permukaan laut.unsur hara pada tanah juga penting dalam menanam tanaman semangka ini.selain itu PH tanah juga tidak kalah pentingnya bagi tanaman tersebut PH tanah sebaiknya netral yaitu antara 5-7.anda bisa melakukan pengapuran untuk menetralkan kadar asam jika tanah anda terlalu asam.setelah menentukan lahan anda bisa membajak tanah tersebut agar tanah terlihat gembur serta membersihkan gulma dan rumput liar yang ada di sekitar lahan.lebar lahan bisa anda buat dengan ukuran 200cm dengan tinggi 40cm untuk panjang bisa mnyesuaikan pada lahan yang tersedia.

2.Pembibitan Semangka

setelah anda menyiapkan lahannya waktunya anda menyiapkan bibit bibit semangka pilihlah bibit yang terbaik untuk menghasilkan buah yang berkualitas tinggi.untuk anda yang menyukai jenis semangka yang tanpa berbiji pilihlah bibit terbaik dari semangka yang tanpa biji. setelah anda memilih bibit semangka semaikan bibit ke dalam polybag atau karung bekas yang sudah diberi media tanam berupa tanah dan pupuk kandang,siram secara rutin setiap pagi dan sore. setekah mencapai umur 4 minggu tunas biasanya tumbuh berupa daun kurang lebih 2 sampai 3 helai

maxresdefault

bibit bibit semangka

3.Memindahkan bibit semangka

bibit siap dipindahkan ketika berumur 4 minggu.berilah air diatas bedengan untuk menjaga kelembapan tanah lalu pindah bibit kedalam lubang yang sudah disiapkan pada lahan tersebut dan tutup kembali dengan tanah hingga ujung pangkal bibit.

4.Pemeliharaan Tanaman Semangka

dalam pemeliharaan tanaman ini yang perlu diperhatikan adalah penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari agar kelembapan tanah tetap terjaga.lakukan juga teknik penyiangan untuk membersihkan gulma atau rumput liar yang bisa menyerap unsur hara yang diperlukan bagi tanaman semangka tersebut.yang terakhir dalam proses pemeliharaan adalah pemupukan berikan pupuk kandang yang sudah difrementasikan agar terjaga unsur hara nya pada tanah tersebut.

5.Panen Semangka

ciri ciri semangka yang sudah siap panen biasanya berat buah cukup dan daun buah sudah agak layu serta jika ditepuk dengan tangan buah akan berbunyi. untuk cara memanenya cukup potong tanglai buah dengan menggunakan pisau sekitar 3-5 cm dari pangkal buah

cara-menanam-semangka-dalam-polybag

panen semangka

Bagaimana anda tertarik untuk mencobanya? anda bisa melakukan sendiri pada lahan anda. selamat mencoba

Baca juga : Teknik Cara Membudidaya Jagung Dengan Kualitas Yang Bagus

Teknik Yang Harus Dilakukan Untuk Menanam Semangka | varizi | 4.5