Tunggu, sedang memuat. . .

Peralatan Hidroponik Sederhana yang Bisa Ditemukan di Sekitar Anda

Peralatan Hidroponik Sederhana yang Bisa Ditemukan di Sekitar Anda – Metode bertanam secara hidroponik memang sedang populer saat ini. Apalagi ternyata banyak sekali peralatan hidroponik sederhana di sekitar Anda yang bisa digunakan untuk melakukan proses bercocok tanam dengan metode tersebut. Metode bercocok tanam yang satu ini memang cukup sederhana dan tidak membutuhkan banyak tempat, karena bisa disusun secara vertikal. Karena itu, teknik tersebut sangat cocok bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan dan hanya memiliki lahan yang tidak bisa dikatakan luas.

Peralatan Hidroponik Sederhana yang Bisa Ditemukan di Sekitar Anda

Peralatan Hidroponik Sederhana (tokopedia)

Siapa yang akan menyangka jika botol minuman yang sudah tidak terpakai ternyata bisa dijadikan sebagai peralatan hidroponik sederhana. Botol bekas tersebut ternyata bisa dijadikan sebagai salah satu media tanam hidroponik. Memang tidak semua tanaman atau sayuran bisa dibudidayakan dengan metode pertanian yang satu ini. Namun jangan khawatir karena ada banyak jenis sayur dan buah yang bisa tumbuh subur di kebun hidroponik.

Peralatan Hidroponik Sederhana Yang ada dirumah :

Beberapa peralatan hidroponik sederhana yang sebenarnya bisa dengan mudah ditemukan di sekitar lingkungan tempat tinggal Anda antara lain:
1. Botol plastik atau gelas plastik
Kedua benda tersebut memang dapat dengan mudah ditemui di mana pun Anda berada. Biasanya setelah menghabiskan isinya, baik botol atau gelas plastik dibuang begitu saja ke tempat sampah. Namun, siapa sangka kedua benda tersebut bisa dijadikan salah satu media tanam paling sederhana pada metode hidroponik. Dengan kata lain, Anda bisa lebih ramah lingkungan dengan menerapkan metode ini.
2. Paralon
Benda yang satu ini memang tidak bisa dengan sembarangan ditemukan, kecuali jika Anda membelinya di toko material terdekat. Walaupun begitu, selain menggunakan paralon yang masih utuh sebagai media tanam, ternyata Anda juga bisa menggunakan potongan-potongan paralon sisa yang sebelumnya digunakan untuk sambungan saluran air dan kebutuhan lainnya.
3. Gunting dan cutter
Gunting dan cutter adalah barang-barang yang paling mudah dan paling sering ditemui. Alat-alat tersebut memang merupakan benda-benda wajib yang juga sering dipakai untuk kegiatan sehari-hari seperti memasak dan lain-lain. Harga dari ketiga tersebut juga terbilang sangat murah.

Ternyata ada banyak peralatan dan juga barang-barang di sekitar Anda yang bisa dijadikan berbagai peralatan sederhana dalam pembuatan kebun hidroponik, bukan? Jadi, dari pada Anda membuang botol plastik bekas dan menjadi polusi sampah lingkungan, sebaiknya simpan lalu gunakan untuk menjadi media tanam pada metode hidroponik. Selain peralatan hidroponik sederhana, Anda juga harus menyiapkan dua bahan utamanya. Yang pertama tentu saja adalah media tanam selain tanah. Sebagian besar orang menggunakan cocopeat atau bahkan serbuk kayu karena teksturnya mirip dengan tanah. Dan yang kedua adalah larutan nutrisi untuk memenuhi kebutuhan unsur hara yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh dan berkembang.

Baca juga : Cara Membuat Hidroponik dengan Paralon Secara Mudah dan Praktis Di Rumah

Peralatan Hidroponik Sederhana yang Bisa Ditemukan di Sekitar Anda | kebun | 4.5