Tunggu, sedang memuat. . .

Pengertian Tanaman Hidroponik dan Contohnya dari Beragam Perspektif Adalah

Pengertian Tanaman Hidroponik dan Contohnya – Perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini tidak hanya mempengaruhi bidang sosial budaya, pendidikan, informasi dan sebagainya, tetapi juga sudah menyentuh bidang pertanian. Tak heran, saat ini terdapat berbagai teknik pertanian yang baru dan salah satunya adalah hidroponik. Mungkin, Anda pernah mendengar istilah hidroponik serta tanaman hidroponik di berbagai media seperti majalah, TV, internet dan sebagainya.

Pengertian Tanaman Hidroponik Adalah

Tetapi apa sih sebenarnya pengertian tanaman hidroponik itu? Tanaman hidroponik adalah tanaman yang ditanam dengan cara hidroponik dengan media selain tanah.  Bila sebelumnya tanaman biasanya ditanam dengan cara konvensional di lahan tanah yang luas dan beririgasi air yang melimpah, tanaman hidroponik lebih sederhana dan berbeda. Untuk lebih jelas mengenai definisi dari tanaman hidroponik, tak ada salahnya menyimak ulasan di bawah.

Pengertian Tanaman Hidroponik dan Contohnya :

1. Definisi Secara Umum
Pengertian tanaman hidroponik secara umum adalah tanaman yang ditanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah tetapi menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi tanaman untuk bisa tumbuh.  Jadi tanaman hidroponik, tidak ditanam di media tanah melainkan media lain seperti bata merah, rockwool, kerikil, arang sekam dan sebagainya. Walaupun memanfaatkan air, tetapi air yang dibutuhkan disini dalam jumlah kecil. Hal paling penting untuk tanaman hidroponik adalah pemenuhan nutrisi tanaman yang berbentuk larutan. Jadi, cara penanaman hidroponik sangat cocok untuk tempat yang pasokan airnya kurang.

2. Definisi Secara Kajian Bahasa
Pengertian tanaman hidroponik secara kajian bahasa adalah tanaman yang ditanam dengan penekanan pemenuhan kebutuhan nutrisi tanaman atau tanaman yang ditanam tanpa tanah dalam pengertian sehari-hari. Munculnya hidroponik didasari keyakinan bahwa tanaman bisa tumbuh dengan baik dimanapun asalkan kebutuhan nutrisinya (unsur hara) selalu tercukupi. Dalam konteks ini, media selain tanah hanya berperan sebagai penyangga tanaman agar tidak roboh dan air yang memiliki peran penting pertumbuhan tanaman. Air disini bukan air biasa melainkan air dari proses pelarutan nutrisi tanaman yang dibutuhkan. Jadi, hidroponik diawali dari tingginya perhatian petani terhadap jenis pupuk dan pentingnya keberadaan pupuk yang berkualitas bagi pertumbuhan tanaman.

3. Definisi Secara Etimologis
Secara Etimologis, Hidroponik diambil dari bahasa Yunani yaitu hydro yang artinya air dan ponos yang artinya daya. Hidroponik juga dikenal dengan sebutan soilless culture yang artinya budidaya tanaman tanpa tanah. Jadi tanaman hidroponik adalah tanaman yang ditanam dengan pemanfaatan air dan tanpa penggunaan tanah sebagai media tanam.

Demikianlah ulasan mengenai definisi tanaman hidroponik dari beragam perspektif dan sumber. Kesimpulannya hidroponik adalah menanam dengan memanfaatkan air dan tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam. Semoga artikel mengenai pengertian tanaman hidroponik ini bisa memberikan informasi baru di dunia agriculture dan semakin membuat pembaca lebih paham mengenai teknik hidroponik dan tanaman hidroponik. Baca juga Cara Membuat Media Tanam Hidroponik Sederhana untuk Lahan Minimalis

Pengertian Tanaman Hidroponik dan Contohnya dari Beragam Perspektif Adalah | kebun | 4.5