berkebun
Sedang memuat....Pengertian dan Manfaat Pupuk Organik Bagi Tumbuhan....

Pengertian dan Manfaat Pupuk Organik Bagi Tumbuhan

Pengertian dan Manfaat Pupuk Organik Bagi Tumbuhan – Bagi para petani maupun Anda yang sering berkebun atau menanam tumbuhan, pasti sudah tidak asing lagi dengan pupuk organik. Pupuk organik merupakan pupuk yang terbuat dari bahan alami yang berupa penguraian dari sisa-sisa makanan, kotoran hewan, sampah, dan lain sebagainya.

Pupuk organic juga merupakan pupuk hayati yang ramah lingkungan dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang tidak ditentukan. Bahkan jika digunakan secara terus menerus akan membuat tanah semakin subur.

Namun, sangat jarang dan mungkin sangat sedikit yang menyadari bahwa tumbuhan memerlukan bahan organik untuk kelangsungan hidup tumbuhan. Dan tidak sedikit petani yang beranggapan bahwa jika menggunakan pupuk kimia yang banyak, maka akan memperoleh hasil panen yang baik dan banyak pula.

Pada saat ini banyak sekali para petani yang menggunakan bahan kimia untuk pemupukan tumbuhannya, dan para petani memiliki kecenderungan akan semakin banyak memberi pupuk kimianya, dikarenakan hasil yang diharapkan tinggi akan tetapi dari waktu ke waktu bukannya meningkat, justru makin menurun.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Kementrian Pertanian, menunjukkan data yang sangat mengerikan terhadap lahan pertanian di wilayah Indonesia. Banyak lahan di negara Indonesia yang memiliki kadar bahan organik yang kurang dari 1%.

Sedangkan dari berbagai pengalaman dan penelitian para ahli menyatakan bahwa kadar bahan penelitian para ahli menyatakan kadar bahan organik yang tinggi dalam tanah akan sangat membantu memaksimalkan hasil yang didapat oleh para petani.

Sebelum masa kemerdekaan Indonesia, para petani sangat senang menggunakan pupuk organik untuk tanamannya, bahkan untuk budidaya di pertaniannya. Petani di jaman sebelum masa kemerdekaan lebih memilih menggunakan pupuk organik dibandingkan pupuk anorganik (kimia).

Produksi pupuk kimia pun dari waktu ke waktu semakin berkembang sangat pesat, sehingga bila di hitung secara harga, maka pupuk anorganik (kimia) menjadi lebih terjangkau dari pada pupuk organic.

Hal itu juga didukung dengan ditemukannya banyak varietas-varietas unggul dari berbagai penelitian lebih banyak yang cocok dan baik bila menggunakan pupuk anorganik (kimia). Sehingga mengakibatkan banyak kenyataannya ditemukan lahan pertanian yang tergradasi, sehingga mengakibatkan merosotnya kadar dari bahan organik dari lahan pertanian.

Banyak para ahli yang mengemukakan bahwa lahan pertanian sebenarnya membutuhkan pupuk organik sebagai sumber pupuk dan zat hara, justru bukan dari pupuk buatan atau pupuk kimia. Pupuk organik pun juga sangat bermanfaat untuk memperbaiki kualitas dari tanah sebagai lahan pertanian.

Oleh karena itu ada baiknya jika kita mempelajari apa saja manfaat-manfaat pupuk organik bagi budidaya pertanian dan tumbuhan. Berikut adalah pengertian dan manfaat dari pupuk organic bagi tumbuhan.

Pengertian dan Manfaat Pupuk Organik Bagi Tumbuhan

Pupuk organik adalah pupuk yg sebagian atau seluruhnya berasal dari tanaman atau hewan yang telah melalui proses rekayasa, dapat berbentuk padat atau cair yang digunakan mensuplai bahan organik untuk memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah. Manfaat pupuk organic bagi tumbuhan sangat beragam, berikut penjelasannya :

Manfaat Pupuk Organik

  • Manfaat yang akan dirasakan oleh petani ketika menggunakan pupuk organik adalah meningkatnya produktifitas dari lahan pertanian. Karena dengan meningkatnya kadar kandungan bahan organik dan unsur hara yang ada dalam tanah, maka dengan sendirinya akan memperbaiki sifat, kimia dan biologi dari tanah atau lahan pertanian.
  • Selain itu manfaat yang akan dirasakan oleh petani setelah menggunakan pupuk organik untuk budidaya pertaniannya adalah semakin mudahnya melakukan pengolahan lahan karena tanah semakin baik dan subur.
  • Pupuk organik juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi pertanian dari segi kualitas maupun kuantitas. Selain itu pupuk organik berperan mengurangi meningkatkan kualitas tanah sehingga mencegah degradasi lahan dan meningkatkan produktifitas secara berkelanjutan.
  • Harga pupuk organik lebih murah daripada pupuk anorganik. Jadi akan mengurangi biaya perawatan tumbuhan, dan terlebih pupuk organik juga dapat dibuat sendiri. Caranya hanya dengan membenamkan bahan baku atau dengan cara melakukan pengomposan untuk hasil yang lebih cepat.
  • Pupuk organik mengandung unsur mikro yang lebih lengkap dibandingkan dengan pupuk anorganik (kimia). Hal ini membuat pupuk organik memiliki peran sebagai makanan dan sumber energi bagi mikroba sehingga dapat meningkatkan aktifitas mikroba dalam memproduksi unsure hara.
  • Manfaat pupuk organik yang lainnya adalah memiliki kemampuan dalam memobilisasi atau menjembatani hara yang ada di tanah sehingga akan membentuk partikel ion yang mudah diserap oleh tanaman.
  • Pupuk organik mempunyai kemampuan dalam melepas hara tanah dengan sangat perlahan namun terus menerus. Hal ini akan membantu mencegah terjadinya kelebihan suplai hara yang membuat tanaman keracunan.
  • Pupuk organik juga memiliki kemampuan menjaga kelembaban dari tanah, sehingga akan mengurangi tekanan atau tegangan struktur tanah pada tanaman.
  • Pupuk organik mampu menjaga kelembaban dari tanah, sehingga akan mengurangi tekanan atau tegangan struktur tanah pada tanaman. Dan pupuk organik juga mampu membantu mencegah erosi lapisan tanah.
  • Manfaat pupuk organik yang lainnya adalah memberi manfaat untuk kesehatan manusia, karena banyak kandungan nutrisi yang lebih lengkap dan lebih banyak.
  • Beberapa tanaman yang dipupuk dengan pupuk organik juga akan lebih tahan terhadap serangan penyakit tumbuhan.

Itulah pengertian dan manfaat pupuk organik bagi tumbuhan. Banyak manfaat yang akan didapat jika menggunakan pupuk organik pada tumbuhan Anda. Anda dapat memilih untuk menggunakan pupuk organik atau pupuk anorganik (kimia) untuk tumbuhan yang Anda tanam. Jangan lupa untuk membaca artikel-artikel berkebun lainnya di sini. Semoga bermanfaat.

Pengertian dan Manfaat Pupuk Organik Bagi Tumbuhan | rafa | 4.5