Tunggu, sedang memuat. . .

Macam – Macam Tanaman Hidroponik yang Cocok Ditanam di Rumah

Macam-Macam Tanaman Hidroponik yang Cocok Ditanam di Rumah – Hidroponik memang telah menjadi inovasi baru dalam dunia pertanian. Hal ini dipicu oleh semakin kurangnya lahan bebas di wilayah perkotaan karena arus urbanisasi. Teknik ini hadir untuk mengakomodir hobi berkebun di lahan sempit. Setelah memahami pengertian dari hidroponik dan bagaimana cara menanam tanaman secara hidroponik.

Macam-Macam Tanaman Hidroponik

Tanaman Hidroponik Sayur

Selanjutnya adalah mengenali macam-macam tanaman hidroponik yang cocok ditanam di rumah. Sukses tidaknya cara budidaya hidroponik ini bergantung pada jenis tanaman yang tepat karena tidak semua jenis tanaman cocok ditanam dengan teknik hidroponik. Berikut berbagai tanaman yang cocok ditanami dengan teknik hidroponik di sekitar rumah.

Macam Macam Tanaman Hidroponik dan Contohnya :

1. Tanaman Buah-Buahan
Tanaman buah-buahan adalah salah satu jenis tanaman dari macam-macam tanaman hidroponik yang bisa ditanam di rumah. Beberapa contoh tanaman buah-buahan tersebut adalah Melon, Tomat dan Cabe. Kunci suksesnya penanaman buah-buahan tersebut secara hidroponik terletak pada besar pencahayaan dan air nutrisi yang diperoleh setiap harinya. Hal ini diperlukan untuk membuat tanaman jenis ini berbuah dengan sempurna dan dalam jangka waktu yang cepat.  Selain itu, untuk tanaman berukuran besar seperti melon, diperlukan perhatian lebih yautu dengan menyediakan tempat ekstra. Melon memang membutuhkan lahan yang lebih luas karena ukuran buahnya yang lumayan besar jika sehat dan tumbuh dengan sempurna.

2. Tanaman Sayuran
Macam-macam tanaman hidroponik selanjutnya adalah tanaman sayuran berdaun hijau. Beberapa contoh tanaman sayuran berdaun hijau yang cocok ditanam di rumah adalah Selada, Kangkung, Bayam, Sawi dan lain sebagainya. Kunci suksesnya penanaman sayuran hijau ini terletak pada pemantauan pertumbuhan sayuran tersebut agar tidak terlalu besar. Jika tanaman tumbuh terlalu besar, hal ini akan mengurangi sirkulasi udara di dalam sayuran tersebut yang mengakibatkan layunya atau matinya sayuran. Misalnya, tanaman selada harus dipotong bagian luar daunnya secara rutin sehingga bagian dalam daunnya bisa tumbuh menggantikannya.  Selada memang tanaman sayuran yang paling cepat proses pertumbuhannya dengan teknik hidroponik, dalam waktu seminggu saja, sudah tumbuh 2 lembar daun selada segar dan sehat.

3. Tanaman Bunga
Tanaman lainnya yang cocok ditanam dengan teknik hidroponik di rumah adalah tanaman bunga hias. Bunga hias ini ditanam dengan cara hidroponik karena terbentur masalah lahan pekarangan atau halaman rumah yang tidak luas. Padahal, bunga ini bisa dijadikan untuk interior rumah agar terlihat lebih cantik dan segar. Beberapa bunga hias yang bisa ditanam dengan cara hidroponik adalah bunga anggrek dan bunga mawar. Kedua bunga ini bisa mekar dengan sempurna dalam waktu singkat pada media hidroponik.

Demikianlah ulasan mengenai tanaman apa saja yang bisa ditanam dengan teknik hidroponik di rumah beserta dengan tips merawatnya. Kesimpulannya, hampir semua jenis tanaman bisa ditanam dengan cara hidroponik tetapi masalah kemampuan pertumbuhannya tetap berbeda-beda. Semoga artikel mengenai macam-macam tanaman hidroponik ini bisa bermanfaat dan menginspirasi Anda untuk mencoba teknik hidroponik ini di rumah. Baca juga Pengertian Tanaman Hidroponik dan Contohnya.

Macam – Macam Tanaman Hidroponik yang Cocok Ditanam di Rumah | kebun | 4.5