Tunggu, sedang memuat. . .

Macam-Macam Media Tanam Hidroponik Untuk Kebun Anda

Macam -Macam Media Tanam Hidroponik Untuk Kebun Anda – Bagi Anda yang ingin memiliki kebun di belakang rumah namun tidak memiliki tanah yang luas, maka dapat memanfaatkan metode hidroponik. Metode bercocok tanam alternatif ini menggantikan tanah dengan media tanam yang lain. Macam-macam media tanam hidroponik sebenarnya cukup mudah di dapat. Tanaman yang biasanya menggantungkan asupan nutrisi dari tanah ternyata dapat juga mendapatkan unsur hara dari media tanam yang lain. Setelah dilakukan penelitian, beberapa media tanam berikut memiliki fungsi yang serupa dengan penggunaan tanah.

Macam-Macam Media Tanam Hidroponik

Macam-Macam Media Tanam Hidroponik (fifthseasongardening)

Macam -Macam Jenis Media Tanam Hidroponik :

1. Arang sekam
Di sekitar kita ternyata terdapat macam-macam media tanam hidroponik yang dapat ditemukan dengan mudah. Salah satu jenis media tanam yang mudah didapatkan adalah arang sekam. Arang sekam adalah hasil pembakaran dari sekam atau kulit padi. Sebagai negara yang mengonsumsi beras sebagai bahan makanan pokok, mendapatkan arang sekam tentunya sangat mudah. Media tanam hidroponik yang satu ini begitu populer bukan hanya karena mudah didapat, namun juga memberikan nutrisi yang menyerupai tanah. Sayuran yang ditanam dengan media hidroponik ini dapat tumbuh dengan sehat dan segar layaknya jika di tanam di tanah.

2. Serbuk kayu
Selain arang sekam, serbuk kayu juga dapat digunakan sebagai media tanam hidroponik. Tanaman yang menyerap nutrisi dari tanah biasanya didistribusikan melalui jaringan kayu dan batangnya. Ketika tanaman tersebut dipotong, nutrisi tersebut biasanya masih tertinggal di dalamnya. Oleh karena itu, penggunaan serbuk kayu dapat disamakan dengan penggunaan media tanah. Memperoleh serbuk kayu juga tidak terlalu sulit. Selain dapat memprosesnya sendiri, Anda dapat membelinya dari pengrajin kayu. Media ini disarankan untuk tanaman yang memerlukan kelembaban pada tingkat tinggi agar dapat tumbuh seperti jamur.

3. Spons
Selain arang sekam padi dan serbuk kayu, macam-macam media tanam hidroponik yang dapat dijumpai dengan mudah adalah spons. Anda dapat menemukan bahan yang satu ini dengan mudah, mulai dari pasar tradisional hingga supermarket. Pada umumnya, spons digunakan sebagai alat untuk mencuci piring. Namun tidak banyak yang tahu bahwa ternyata benda ini juga dapat difungsikan sebagai media tanam hidroponik.

4. Pasir dan kerikil
Macam-macam media tanam hidroponik selanjutnya yang bisa ditemukan di mana saja adalah pasir dan kerikil. Mungkin beberapa dari Anda berpikir bahwa kedua media tersebut tidak memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Akan tetapi, di Indonesia terdapat beberapa kawasan pesisir pantai yang menanam tanaman pada media tersebut. Tanaman tersebut bukan hanya dapat tumbuh dengan sehat namun juga mendapatkan asupan nutrisi yang lengkap.

Selain media tanam tersebut, proses bercocok tanam dengan metode hidroponik juga dapat dilakukan dengan media lain seperti vermiculite, pumice, rockwool, dan perlite. Meskipun memiliki fungsi yang sama, akan tetapi media tanam hidroponik yang disebutkan sebelumnya lebih mudah di dapat. Selama memiliki media tanam tersebut, Anda tidak perlu lagi pusing untuk memiliki kebun pribadi meskipun tidak ada tanah yang luas.

Baca juga : Cara Menyemai Bibit Hidroponik dengan Media Rockwool

Macam-Macam Media Tanam Hidroponik Untuk Kebun Anda | kebun | 4.5