Tunggu, sedang memuat. . .

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Hidroponik ?

Kelebihan dan Kekurangan Hidroponik – Hidroponik adalah salah satu metode bercocok tanam yang menggunakan media selain tanah dan dapat diaplikasikan pada area yang sempit. Awalnya, banyak sekali kontroversi mengenai kelebihan dan kekurangan hidroponik terutama saat metode ini pertama kali diperkenalkan. Walaupun begitu, tidak dapat dipungkiri bahwa metode hidroponik memberikan penyegaran dan juga solusi baru bagi orang-orang yang tinggal di daerah perkotaan untuk bisa merasakan sensasi bercocok tanam di lahan yang terbatas.

Kelebihan dan Kekurangan Hidroponik

Kelebihan dan Kekurangan Hidroponik (hidroponikorganik)

Kelebihan dan kekurangan hidroponik memang sering kali diperbincangkan bahkan dibanding-bandingkan dengan metode bercocok tanam lainnya. Memang segala sesuatu pasti ada keunggulan dan kekurangannya masing-masing, tak terkecuali metode hidroponik. Meskipun begitu, jika lebih banyak kelebihan atau keuntungan yang bisa diperoleh, mengapa Anda tidak coba metode baru yang menggunakan air sebagai media utama ini?

Sebenarnya apa saja kelebihan dan kekurangan hidroponik. Berikut akan dijelaskan beberapa kelebihan teknik bercocok tanam tersebut.
1. Lebih hemat dalam penggunaan pupuk.
2. Alat dan bahan bisa ditemukan dengan mudah seperti botol bekas, wadah gelas plastik, gunting, pisau dan juga cutter.
3. Tanaman bisa tumbuh dengan lebih cepat.
4. Air bisa dimanfaatkan dengan lebih efisien.
5. Tidak membutuhkan banyak tenaga kerja walaupun diaplikasikan pada lahan yang lebih luas.
6. Hama dan juga penyakit pada tanaman bisa diminimalisir dan dapat ditangani secara lebih cepat.
7. Unsur zat hara dan juga kadar pH lebih mudah untuk diteliti.
8. Lingkungan menjadi lebih bersih karena metode ini lebih banyak menggunakan media tanam selain tanah.

Sayangnya dengan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh metode hidroponik, ternyata ada beberapa kekurangan yang menyertainya. Apa saja kekurangannya tersebut? Berikut ulasannya.
1. Modal awal yang diperlukan saat pertama kali membuat rangka hidroponik cukup mahal. Selain itu, Anda setidaknya harus sudah memiliki pengalaman dalam mengaplikasikan teknik tersebut.
2. Beberapa bahan baku susah diperoleh dan hanya dijual di toko-toko khusus seperti misalnya media Rockwool.
3. Memerlukan keterampilan khusus terutama untuk membuat rangka yang terbuat dari bahan paralon serta dalam mencampur beberapa bahan kimia seperti pupuk dan juga pemberian nutrisi pada air. Komposisi dan porsi nutrisi bagi pupuk harus sesuai aturan agar tanaman bisa tumbuh dengan baik.
4. Tidak semua jenis tumbuhan bisa ditanam dengan sistem bercocok tanam hidroponik.

Di antara banyaknya kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya, memang tidak dapat dipungkiri bahwa metode tersebut memang menjadi solusi bagi yang ingin memiliki lahan hijau atau kebun sayur di pekarangan yang sempit. Terlepas dari kelebihan dan kekurangan hidroponik, yang jelas metode tersebut kini sudah menjadi solusi praktis bagi sebagian orang yang ingin bercocok tanam namun tidak punya lahan yang cukup luas. Bagaimana dengan Anda? Apakah tertarik untuk mencoba metode ini?

Baca juga : Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas Minuman

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Hidroponik ? | kebun | 4.5