berkebun
Sedang memuat....Harga Sayur-Sayuran di Pasar....

Harga Sayur-Sayuran di Pasar

Harga sayur-sayuran di pasar  saat ini terpantau masih dalam kondisi harga yang stabil. Meskipun beberapa sayuran tercatat mengalami kenaikan, namun kenaikan tersebut cenderung tidak signifikan. Terlebih lagi, harga komoditas sayuran lainnya terbilang cukup normal. Hal ini tentu berbanding terbalik dengan tahun 2016 lalu, mengingat harga sayuran sempat mengalami pelonjakan yang signifikan, bahkan lebih dari 30 persen ketika menjelang puasa dan lebaran.

Hingga saat ini, harga sayuran masih dalam kondisi yang wajar. Dimana harga tersebut juga dipengaruhi oleh berbagai hal, diantaranya ialah permintaan sayuran yang cenderung stabil, serta ketersediaan sayuran yang memang senantiasa “on stock”.

Begitu pula harga sayuran Pasar Induk Kramat Jati Jakarta. Per hari ini, harga wortel yang dijual di pasar ini ialah Rp 6 ribu tiap kilogramnya. Untuk harga cabe rawit merah masih dibanderol dengan harga yang cukup stabil, yakni Rp 23 ribu tiap kilogram. Sedangkan untuk harga cabe kriting hanya dibanderol seharga Rp 22 ribu tiap kilogramnya.

Sayuran lainnya yang tersedia ialah kentang ABC, tomat dan labu siam, dimana sayuran tersebut masing-masing dibanderol dengan harga Rp 14 ribu, Rp 5.500 dan Rp 3.500 tiap kilogramnya. Untuk harga buncis di Pasar Induk sendiri masih cenderung stabil, yakni sekitar Rp 10 ribu tiap kilogramnya.

Selain berbagai sayuran tersebut, ada pula kubis seharga Rp 3.200 tiap kilogram, petsai atau siampo yang dibanderol Rp 4 ribu tiap kilogram, saledri seharga Rp 10 ribu per kilogram, bawang merah yang ditawarkan dengan harga Rp 24 ribu per kilogram, bawang daun seharga Rp 6 ribu per kilogram, serta blumkol yang dibanderol Rp 14 ribu tiap kilogramnya.

Seperti yang kita ketahui, sayuran merupakan salah satu bahan pokok yang dikonsumsi tiap hari, sehingga harga sayur mayur terkini senantiasa dipantau oleh ibu rumah tangga untuk menyesuaikan dengan budget yang dimilikinya dalam berbelanja. Berbeda dengan harga sayuran di Pasar Induk Kramat Jati, harga sayuran di pasar Induk Cibitung biasanya dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau.

Harga sayur mayur di Pasar Induk Cibitung ini akan memiliki sedikit selisih dengan Pasar Induk Kramat Jati Jakarta. Contohnya saja harga kentang ABC yang hanya dibanderol seharga Rp 10.300 tiap kilogramnya. Sedangkan untuk tomat, buncis, dan petsai atau siampo masing-masing ditawarkan dengan harga Rp 1.600, Rp 2.600 dan Rp 430 tiap kilogramnya.

Harga sayur mayur terupdate di Pasar Induk Cibitung memang biasanya akan berubah dalam kurun waktu tertentu. Harga cabe keriting di pasar ini ialah Rp 15 ribu per kilogram, wortel dibanderol dengan harga Rp 1.650 per kilogram, labu siam seharga Rp 350 per kilogram dan kacang merah ditawarkan seharga Rp 5.500 per kilogramnya.

Sayuran lainnya yang tersedia ialah bawang merah, bawang putih, jagung muda dan jagung kering yang per kilogramnya masing-masing ditawarkan dengan harga Rp 17 ribu, Rp 34 ribu, Rp 1.800 dan Rp 3 ribu. Sementara untuk harga kubis sendiri cenderung sangat terjangkau, yakni hanya Rp 500 untuk tiap kilogramnya.

Berikut daftar harga di Pasar Induk Cibitung :

Nama / Jenis Sayuran
Satuan
Harga
Kentang ABC
/Kg
Rp.10.300
Tomat
/Kg
Rp 1.600
Buncis
/Kg
Rp 2.600
Petsai/Siampo
/Kg
Rp 430
Cabe Keriting
/Kg
Rp 15.000
Wortel
/Kg
Rp.1.650
Labu Siam
/Kg
Rp 350
Bawang merah
/Kg
Rp.17.000
Bawang putih
/Kg
Rp 34.000
Jagung muda
/Kg
Rp 1.800
Jagung kering
/Kg
Rp 3.000
Kubis
/Kg
Rp 500

Harga sayuran Jawa Barat antara pasar tradisional satu dengan pasar tradisional lainnya memang cenderung memiliki perbedaan. Bahkan, meskipun tidak memiliki jarak yang jauh, namun harga keduanya memiliki selisih yang cukup tinggi. Contohnya saja di Sentra Produksi Cianjur.

Di pasar tersebut, harga tomat hanya dibanderol seharga Rp 2.500 per kilogram, harga buncis Rp 2.300 per kilogram dan harga sosin atau caisin ialah Rp 1.200 per kilogram. Untuk harga cabe kritingnya sendiri ialah sekitar Rp 20 ribu per kilogram. Sayuran lain yang dijual di Sentra Produksi Cianjur ialah wortel, labu siam, seledri dan bawang daun, yang mana tiap kilogramnya dibanderol dengan harga masing-masing Rp 700, Rp 500, Rp 5 ribu dan Rp 15 ribu per kilogram. Sementara harga kubisnya cenderung sangat murah, yakni Rp 500 per buah.

Bergeser ke Pasar Senen Blok III – VI, harga sayuran 2017 di pasar ini cenderung cukup stabil di tahun ini. Dimana harga tomat hanya berada di kisaran harga Rp 1.550 per kilogramnya. Untuk harga buncis sendiri ialah Rp 2.550 per kilogram. Bagi penggemar wortel, nampaknya patut bernafas lega karena harga wortel di Pasar Senen hanya dibanderol Rp 1.800 per kilogramnya.

Sedangkan labu siam dibanderol dengan harga Rp 1.300 per kilogram. Harga ini cenderung sama dan tidak mengalami perubahan yang signifikan jika dibandingkan dengan daftar harga sayuran 2016 lalu. Selanjutnya, ada cabe kriting seharga Rp 17 ribu per kilgoram, bawang merah dibanderol dengan harga Rp 18.500 per kilogram.

Namun untuk bawang putih mengalami peningkatan harga yang cukup signifikan, yakni Rp 25 ribu per kilogramnya. Sedangkan untuk harga jagung muda dan jagung kering, masing-masing dibanderol dengan harga Rp 1.900 dan Rp 3.500 per kilogramnya. Kubis sendiri dijual dengan harga yang cukup terjangkau, yakni Rp 700 untuk pembelian tiap kilogram.

Bagi Anda yang ingin mengetahui sederetan harga sayuran Pasar Induk Caringin, nampaknya masih dapat dikatakan stabil. Untuk harga tertinggi sendiri dipegang oleh cabai merah tanjung dan cabai merah rawit yang dibanderol Rp 20 ribuan dan Rp 16 ribuan per kilogramnya.

Untuk harga bawang merah dibanderol dengan harga Rp 14 ribu, bawang putih seharga Rp 12 ribu, dan jagung manis kupas seharga Rp 5 ribuan untuk tiap kilogramnya. Sedangkan untuk harga kentang di Pasar Induk Caringin sendiri ialah Rp 8 ribu per kilogram.

Harga Sayur-Sayuran di Pasar | rafa | 4.5