Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Menyemai Bibit Hidroponik dengan Media Rockwool

Cara Menyemai Bibit Hidroponik dengan Media Rockwool – Siapa bilang bercocok tanam itu susah dan membutuhkan lahan yang luas? Jika Anda menerapkan metode penanaman hidroponik, tentu Anda tidak memerlukan tanah sebagai media tanam. Untuk membuat tanaman hidroponik, media yang bisa digunakan sangat beragam, contohnya adalah sabut kelapa. Namun, Anda sebaiknya menyimak beberapa cara menyemai bibit hidroponik di bawah ini sebagai langkah awal proses membuat tanaman hidroponik.

Cara Menanam & Menyemai Bibit Hidroponik dengan Media Rockwool :

1. Langkah awal cara menyemai bibit hidroponik adalah menyiapkan media penyemaian berupa rockwool. Lalu, potong rockwool menjadi kotak-kotak kecil. Basahi rockwool dengan air, tetapi jangan terlalu basah. Letakkan potongan-potongan rockwool tersebut di atas nampan atau wadah lainnya. Perlu diketahui bahwa rockwool dipilih sebagai media penyemaian karena dapat menyerap air dengan baik, juga bebas dari hama ataupun penyakit tanaman yang lainnya.

Cara Menyemai Bibit Hidroponik dengan Media Rockwool

Cara Menyemai Bibit Hidroponik (sayasukahidroponik)

2. Kemudian, langkah kedua adalah membuat lubang pada rockwool. Anda bisa melubanginya dengan tusuk gigi ataupun alat runcing lainnya. Buatlah lubang dengan besar dan kedalaman yang disesuaikan dengan ukuran benih yang ingin Anda tanam. Siapkan benih secukupnya dan basahi dengan air. Ambil dan pindahkan benih ke dalam rockwool menggunakan tusuk gigi atau alat lainnya.

Cara Menyemai Bibit Hidroponik dengan Media Rockwool 1

Cara Menyemai Bibit Hidroponik dengan Media Rockwool (fietha)

3. Langkah ketiga adalah memasukan benih-benih tersebut ke dalam rockwool. Anda harus memasukkannya dengan hati-hati. Sebaiknya benih jangan dimasukkan terlalu dalam dan letakkan sebisa mungkin di atas permukaan rockwool. Lalu, perhatikkan juga penempatan bibit sesuai dengan serat rockwool. Dengan begitu, akar bisa dengan mudah mencari jalan untuk tumbuh. Selain itu, sesuaikan juga jumlah bibit yang di letakkan pada rockwool dengan pertimbangan ukuran dan arah tumbuh akar tanaman saat dewasa.

media rockwool

media rockwool (kebunhidro)

4. Langkah berikutnya adalah memindahkan media penyemaian ke tempat yang teduh dan sejuk. Sebaiknya letakkan rockwool yang sudah ditanami bibit di tempat yang tidak terkena sinar matahari. Setelah 1 hingga 4 hari kemudian, bibit-bibit tersebut akan mulai pecah dan mulai muncul tunas. Saat bibit mulai pecah, Anda bisa memindahkan wadah yang berisi rockwool ke tempat yang terbuka untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup.

5. Langkah terakhir dalam cara menyemai bibit hidroponik adalah memindahkan benih. Setelah dibiarkan selama 10 hingga 14 hari sejak peletakkan bibit, daun akan mulai muncul pada benih tanaman. Jika sudah menjadi kecambah, benih-benih tersebut bisa dipindahkan ke media tanam yang telah disiapkan.

Proses penyemaian bibit adalah langkah pertama yang harus dilakukan jika Anda ingin membuat tanaman hidroponik. Bibit yang dipilih tidak bisa langsung ditanam di media tanam karena tidak akan tumbuh dengan baik atau bahkan bisa membusuk. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba beberapa cara menyemai bibit hidroponik tersebut untuk memulai proses penanaman. Jika benih sudah bisa dipindahkan ke dalam media tanam, selanjutnya Anda bisa merawatnya hingga masa panen.

Baca juga : Cara Menanam Hidroponik Sederhana Untuk Pemula di Rumah

Cara Menyemai Bibit Hidroponik dengan Media Rockwool | kebun | 4.5