berkebun
Sedang memuat....Cara Menanam Tomat Dari Biji Agar Berbuah Banyak....

Cara Menanam Tomat Dari Biji Agar Berbuah Banyak

Cara Menanam Tomat Dari Biji Agar Berbuah Banyak – Tomat (Lycopersicum esculentum) ialah salah satu komoditas pertanian yang amat bermanfaat bagi tubh karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan untuk pertumbuhan dan kesehatan. Buah tomat mengandung karbohidrat,  protein, lemak dan kalori.

Buah tomat merupakan komoditas multiguna  yang berfungsi sebagai sayuran, bumbu masak, buah meja, penambah nafsu makan, bahan pewarna makanan, hingga bahan untuk bahan kosmetik dan obat-obatan.

Sebagai sumber mineral, buah tomat sangat bermanfaat untuk pembentukan tulang dan gigi (zat kapur dan phospor), dan berfungsi untuk pembentukan sel darah merah karena adanya kandungan zat besi. Dan selain itu tomat juga mengandung zat potassium yang sangat bermanfaat untuk menurunkan gejala tekanan darah tinggi.

Oleh karena itu permintaan akan komoditas tomat terus meningkat semakin bertambahnya jumlah penduduk dan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan.

Sebelum menanam tanaman tomat ada baiknya Anda mengenali beberapa syarat tumbuh pada tanaman tomat. Tanaman tomat dapat tumbuh dengan baik di dataran tinggi dan rendah, tergantung pada varietas tanaman tomat . namun suhu juga dapat mempengaruhi warna buah tomat.

Tanah yang tepat untuk menanam tomat adalah tanah yang gembur, pH -5-6, mengandung sedikit pasir dan banyak mengandung humus, serta irigasi yang teratur dan cukup dari penanaman dari penanaman sampai panen tanaman.

Berdasarkan jenis pertumbuhan buah tomat, tanaman tomat dibedakan dari jenis determinate dan tak tentu. Perbedaannya pada pola pertumbuhan batangnya. sedangkan pembuahan terjadi 96 jam setelah penyerbukan dan buah pematangan 45 hari sampai 50 hari setelah pembuahan.

Cara Menanam Tomat Dari Biji Agar Berbuah Banyak

  • Benih tomat harus disemai sebelum ditanam, lakukan dalam kotak pembibitan dengan campuran tanah, sekam padi, dan pupuk kandang kuda dengan perbandingan 1:1:1. Bibit ditanam kedalam kotak pembibitan hingga 25-30 hari. Syarat untuk pelaksanaan persemaian yang baik adalah tanaman yang disemaikan biasanya tanaman yang lemah, dan tidak kuat jika langsung ditanam di tempat yang tetap.
  • Tempat penyemaian berupa badengan khusus, diberi atap peneduh untuk mencegah curahan hujan jangan sampai merusak benih yang masih sangat lemah. Dan tempat persemaian harus aman dari gangguan binatang.
  • Sebaiknya tanaman baru dipindahkan ke tempat penanaman nya di lapang setelah cukup kuat.
  • Tahap berikutnya adalah pengolahan tanah untuk tanaman tomat adalah meliputi pembersihan lahan pembajakan atau pencangkulan dan pembuatan bagengan.
  • Jika tanah sudah siap maka bibit dapat langsung di tanam. Bibit siap untuk ditanam dan dapat dicabut dari persemaian ketika 25-30 hari setelah tanam dan beri jarak 70 x 60 cm pada setiap benih tomat yang ditanam.
  • Waktu yang tepat untuk menanam buah tomat adalah 2-4 minggu sebelum hujan terakhir. Dan lebih baik dilakukan sore hari hingga tanaman tidak layu dan dapat beradaptasi dengan lahan yang ditanami.
  • Untuk pemeliharaan tanaman tomat banyak membutuhkan air, waktu penyiraman yang baik adalah pada sore hari. Tujuan melakuka penyiraman pada tanaman tomat adalah untuk menggantikan air yang sudah banyak menguap pada siang hari. Mengembalikan kekuatan tanaman pada keadaan tanaman di malam hari dan penambahan terhadap tanaman yang kekurangan air.
  • Untuk mengatasi tanaman tomat yang tidak tumbuh secara normal adalah dengan penyulaman, ini dilakukan ketika tomat berumur 7-14 hari setelah tanam.
  • Dan jika terdapat gulma yang mengganggu pertumbuhan tanaman tomat maka Anda dapat melakukan penyiangan atau pembubunan di tanah sekitar tanaman. Ini dapat dilakukan 4 atau 3 kali atau sesuai dengan kondisi lahan.
  • Untuk pemupukan diberikan pada tanah atau daun bahkan bagian tanaman yang lainnya. Pupuk yang digunakan sebagai pupuk dasar adalah pupuk kandang atau pupuk kompos. dan untuk pupuk susulan berikan pupuk NPK yang diberikan 2-3 kali selama pertumbuhannya.
  • Jika perlu lakukan pemangkasan untuk megurangi daun, mempercepat pembuahan, hingga meremajakan tanaman. Caranya adalah dengan memotong cabang atau ranting yang tumbuh tidak tepat, memotong tunas air atau cabang dipotong membawa penyakit yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman tomat.
  • Pengikatan juga perlu dilakukan untuk menghindari tanaman tomat roboh ketika berbuah dan menjaga agar tanaman tomat yang Anda tanam tetap tegak.
  • Untuk pemanenan buah tomat pertama dapat dilakukan 90 hari setelah tanam.

Nah itulah cara menanam tomat dari biji agar buahnya banyak. Anda bisa mengaplikasikannya untuk budidaya tomat Anda. Jangan lupa untuk membaca artikel berkebin lainnya hanya di sini. Selamat berkebun dan semoga bermanfaat.

Cara Menanam Tomat Dari Biji Agar Berbuah Banyak | rafa | 4.5