berkebun
Sedang memuat....Cara Menanam Semangka Agar Buahnya Besar....

Cara Menanam Semangka Agar Buahnya Besar

Cara Menanam Semangka Agar Buahnya Besar – Siapa yang tak mengenal buah segar yang satu ini? Semangka (Citrulus lanatus) merupakan tanaman rambat yang masih satu kerabat dengan labu-labuan, melon, serta ketimun.

Kulit buah semangka umumnya berwarna hijau pekat dengan larik-larik hijau muda disekitarnya. Pada umumnya bentuk dari buah semangka adalah bulat atau lonjong dengan daging buah berwarna merah ataupun kuning. Cara Menanam Buah Semangka akan mempengaruhi hasil dari buah semangka.

Daging buahnya yang berair membuat buah semangka menjadi sangat segar apabila dinikmati saat cuaca yang sedang terik. Hal ini pula yang menyebabkan semangka menjadi alternatif bagi sebagian orang ketika haus.

Pada umumnya buah semangka memiliki biji didalam daging buahnya, namun kini sudah tidak sedikit para petani yang telah menanam buah semangka tanpa biji (non biji).

Sebelum mengetahui cara menanam semangka agar hasil dari buahnya besar  dan berkualitas ada baiknya kita mengenal  manfaat buah semangka bagi kesehatan jika dikonsumsi secara rutin, diantaranya:

  • Menjaga kelembaban kulit, dengan kadar air yang banyak dalam buah semangka akan selalu menjaga kulit tubuh senantiasa lembab. Selain itu buah semangka juga dapat mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh.
  • Menjaga kesehatan ginjal, kalium yang terdapat dalam buah semangka dapat membersihkan racun-racun sehingga membantu kinerja ginjal.
  • Mengurangi resiko terkena Stroke, mengurangi resiko terkena stroke dengan buah semangka kini mulai banyak dilakukan oleh sebagian orang. Kandungan karetenoid yang mencegah pengerasan dinding pembuluh arteri maupun vena yang menyebabkan hipertensi.
  • Kandungan kalium pada buah semangka juga berperan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Itulah beberapa manfaat buah semangka untuk kesehatan jika dikonsumsi secara rutin. Tentunya masih banyak sekali manfaat buah semangka untuk kesehatan seperti, anti inflamasi, mencegah sariawan, antioksidan, melancarkan buang air besar, dan dapat memanjakan kulit.

Cara untuk menanam tanaman semangka agar berbuah besar tidaklah begitu sulit untuk dilakukan. Tahap-tahap menanam yang baik dan benar akan mempengaruhi hasil panen buah semangka yang telah ditanam.

Tentunya, saat menanam semangka Anda akan membutuhkan keuletan dan kesabaran lebih untuk mendapatkan buah semangka yang besar serta berkualitas. Lakukan beberapa langkah berikut agar buah semangka yang Anda tanam menghasilkan buah yang besar.

Cara Menanam Semangka Agar Buahnya Besar

  • Tahap pertama adalah memilih bibit semangka yang sesuai. Anda dapat memilih bibit semangka dengan daging buah berwarna merah atau berwarna kuning. Bibit-bibit semangka dapat dengan mudah ditemukan di kios-kios pertanian. Sebelum membeli, lebih baik anda memeriksa kemasan bibit semangka dengan benar, jangan sampai ada kerusakan pada kemasan atau bahkan kadaluarsa. Karena kualitas dari bibit juga akan mempengaruhi hasil dari buah semangka.
  • Selanjutnya jangan lupa untuk memeriksa syarat tumbuh dari jenis bibit semangka yang Anda pilih, sesuaikan pula dengan kondisi daerah Anda. Pada dasarnya tanaman semangka dapat tumbuh dengan muda di semua daerah tropis baik dataran rendah maupun tinggi. Walaupun begitu sangat penting bagi Anda untuk memeriksa kembali syarat tumbuh pada bibit semangka yang telah Anda pilih. Bibit semangka dapat langsung di tanam ke lahan tanam permanen, namun juga dapat dilakukan penyemaian terlebih dahulu. Namun sebaiknya bibit semangka ditanam langsung ke lahan permanen.
  • Selain bibit, hal yang harus dipersiapkan untuk menanam semangka adalah lahan tanam. Lahan yang digunakan untuk menanam semangka harus digemburkan terlebih dahulu menggunakan alat membajak ataupun dengan menggunakan cangkul. Kemudian bentuk bedengan (guludan) dengan ukuran lebar 80cm-120cm dan ketinggian 40cm. gunakan pupuk kandang untuk ditaburkan di atas bedengan dan biarkan selama seminggu sebelum ditanami.
  • Untuk menanam biji semangka gunakan tugal (kayu yang diruncingkan) tugal digunakan untuk menekan tanah yang nantinya akan ditanami bibit tanaman semangka. Buat lubang menggunakan tugal dengan jarak kira-kira 30cm x 30cm antar lubang tanam. Masukkan 2-3 bibit semangka ke dalam lubang tanam, dan tutup lubang tanam dengan menekan tanah yang ada disekitar lubang tanam secara perlahan.
  • Untuk mendapatkan hasil panen buah semangka yang besar dan berkualitas maka lakukan penyiraman secara rutin dua kali sehari, saat pagi dan sore hari, terutama pada saat musim kemarau. Saat musim penghujan kurangi intensitas penyiraman menjadi dua hari sekali.
  • Jika bibit tanaman semangka yang telah ditanam tidak tumbuh, maka lebih baik anda lakukan penyulaman kepada tanaman semangka Anda. Bersihkan rumput di sekitar tanaman, kemudian lakukan pemupukan dengan pupuk kandang pada umur 3 minggu, dan jika diperlukan lakukan pemupukan dengan pupuk kimia, yaitu NPK. Gunakan NPK secukupnya saja pada tanaman.
  • Jika tanaman semangka diserang hama maka lakukan tindakan pemungutan langsung, sanitasi atau penyemprotan bahan kimia sesuai dengan dosis. Lakukan salah satu cara tersebut sesuai dengan hama penyerang dan sesuai dengan anjuran.
  • Pemanenan buah semangka biasanya dilakukan saat umurnya berusia 4 bulan. Ciri-ciri semangka siap di panen adalah dengan mengetuk buah semangka. Jika suara sedikit mengaung atau kabur maka buah semangka sudah siap di panen. Lebih baik jangan memanen buah semangka sebelum waktunya, karena rasanya tidak akan manis. Lebih baik untuk memanen semangka menggunakan alat gunting panen ataupun pisau.

Nah, itulah cara-cara menanam semangka agar buahnya besar, mudah bukan? Anda dapat mengaplikasikan cara-cara ini untuk mendapat hasil buah semangka yang besar dan tentunya buah semangka yanh berkualitas.  Jangan lupa untuk baca artikel berkebun lainnya disini. Semoga bermanfaat .

Cara Menanam Semangka Agar Buahnya Besar | rafa | 4.5