Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Menanam Selada Secara Hidroponik Dengan Alat Sederhana

Cara Menanam Selada Secara Hidroponik dengan Alat Sederhana – Anda tentunya sudah sangat mengenal tanaman selada, bukan? Ya, selada sering dijumpai sebagai lalapan, salad atau pelengkap pada hamburger dan sandwich. Selada juga merupakan salah satu tanaman yang bisa dibudidayakan dengan cara hidroponik atau menanam tanpa media tanah. Meskipun tanpa tanah, selada bisa tumbuh dengan baik. Lalu, bagaimana cara menanam selada hidroponik? Caranya sangat mudah dan peralatannya pun tidak sulit ditemukan. Jika Anda ingin mencoba menaman selada dengan cara hidroponik, perhatikanlah langkah-langkah di bawah ini.

Cara Menanam Selada Secara Hidroponik

Cara Menanam Selada Secara Hidroponik

Cara Menanam Selada Secara Hidroponik Di Rumah Dengan Alat Sederhana :

1. Langkah awal dari cara menanam selada hidroponik adalah membuat media tanam. Siapkanlah bak plastik untuk wadah penanaman selada. Kemudian, siapkan juga styrofoam atau gabus untuk tempat netpot. Buatlah lubang pada styrofoam dengan diameter sekitar 5 cm atau sesuaikan dengan ukuran netpot. Beri jarak antar lubang sekitar 15 cm untuk memberikan ruang tumbuh tanaman selada saat dewasa. Styrofoam ini nantinya akan diletakkan menutupi bak plastik.

Baca juga : Cara Menanam Bawang Merah Secara Hidroponik di Rumah

2. Langkah selanjutnya adalah menyemai bibit. Salah satu media penyemaian yang biasa digunakan adalah rockwool. Media ini dipilih karena memiliki kemampuan menyerap air yang baik sehingga bibit yang disemai bisa tumbuh menjadi kecambah. Penyemaian dilakukan saat benih telah tumbuh akar dan beberapa daun. Kemudian benih selada bisa dipindahkan ke dalam media tanam berupa netpot.

3. Langkah berikutnya adalah memindahkan benih selada ke dalam netpot. Netpot adalah wadah berupa pot atau gelas dengan lubang-lubang berukuran besar disekeliling sisi pot untuk tempat tumbuh akar. Anda bisa mendapatkannya di toko tanaman ataupun membuatnya dari gelas plastik bekas yang dilubangi. Pindahkan benih selada ke dalam netpot dengan hati-hati. Isikan netpot dengan media tanam berupa campuran pasir kerikil dan sekam bakar atau rockwool.

Cara Menanam Selada Secara Hidroponik1

Media Menanam Selada Secara Hidroponik

4. Langkah terakhir pada cara menanam selada secara hidroponik adalah meletakkan benih pada media tanam bak yang sudah disiapkan. Isikan bak dengan cairan nutrisi. Masukkan masing-masing netpot yang sudah terisi benih ke dalam lubang styrofoam. Kemudian, letakkan styrofoam yang sudah dipenuhi dengan netpot di atas bak yang sudah diisi larutan nutrisi. Jika sudah, Anda bisa merawatnya dan tunggu hingga masa panen.

Merawat tanaman selada hidroponik tidaklah sulit. Anda hanya harus memeriksa secara rutin larutan di dalam bak plastik. Jika larutan sudah mulai habis, pastinya Anda harus segera mengisinya agar tanaman selada Anda tidak kekurangan nutrisi. Namun, larutan tersebut sebaiknya jangan sampai merendam akar seutuhnya. Selain menyerap cairan nutrisi dari bawah, nutrisi juga bisa disemprotkan ke tanaman pada bagian daunnya. Itulah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk cara menanam selada hidroponik. Anda bisa mempraktekkannya di rumah karena cara yang dijelaskan cukup mudah serta peralatan yang digunakan untuk menanam tidaklah sulit untuk didapatkan. Selamat mencoba!

Baca juga : Cara Menanam Sayuran Hidroponik Sederhana di Rumah Tanpa Repot

Cara Menanam Selada Secara Hidroponik Dengan Alat Sederhana | kebun | 4.5