Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Menanam Sayuran Hidroponik Sederhana di Rumah Tanpa Repot

Cara Menanam Sayuran Hidroponik Sederhana di Rumah – Bagi Anda yang gemar makan sayuran dan ingin membudidayakannya mungkin kebingungan dalam memulainya. Apalagi jika lahan yang dimiliki tidak cukup luas untuk menanam tanaman termasuk sayuran. Lalu bagaimana solusinya? Cara Menanam Sayuran Hidroponik adalah jawaban terbaik.

Sayuran adalah sumber mineral dan juga vitamin yang sangat baik dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Sedangkan mineral yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Bagi mereka yang memiliki halaman atau pekarangan yang luas maka menanam sayuran sendiri bukan menjadi masalah. Lain halnya dengan masyarakat yang tinggal di kota, dimana pada umumnya memiliki halaman yang terbatas.

Cara Menanam Sayuran Hidroponik Sederhana

Nah, teknologi hidroponik ini bisa dijadikan alternatif terbaik untuk Anda yang ingin menanam sayuran sendiri di rumah. Setidaknya ada banyak jenis sayuran yang bisa Anda tanam dengan mudah dengan metode hidroponik diantaranya adalah kangkung, caisim, pakcoy, selada dan lain sebagainya. Mengingat betapa banyaknya masyarakat yang penasaran dengan metode hidroponik untuk penanaman sayuran ini, berikut adalah langkah-langkah dalam pembuatannya.

Cara Menanam Sayuran Hidroponik Sederhana di Rumah :

1. Menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan
Cara Menanam Sayuran Hidroponik yang pertama adalah menyiapkan segala bahan beserta alat yang dibutuhkan. Alat yang disiapkan diantaranya adalah hidroponik kit yang dibuat khusus untuk bercocok tanam. Alat ini umumnya terbuat dari bahan paralon yang sangat mudah didapatkan. Alat yang dibutuhkan lainnya adalah media tanam jenis Rockwool. Media ini terbuat dari material batuan volcanic yang kemudian dipanaskan hingga akhirnya membentuk serat-serat. Rockwool ini sangat berguna sebagai media steril agar tanaman terhindar dari penyakit, hama maupun gulma yang mengganggu. Sedangkan untuk bahannya, Anda sediakan larutan nutrisi hidroponik dan benih tanaman yang akan ditanam.

Baca juga : Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Buatan Sendiri Dengan Murah & Manual

2. Penanaman
Langkah selanjutnya dalam tata Cara Menanam Sayuran Hidroponik adalah penanaman. Jika hidroponik kit dan media tanaman sudah siap, Anda hanya perlu menanamkan benih sayuran. Tanam benih 2 hingga 3 benih dalam satu media. Semaikan benih menggunakan pinset dan masukkan ke dalam media tanam sekiranya 2 sampai dengan 4 mm.

3. Perkecambahan
Agar membuat benih cepat berkecambah, Anda bisa menutup kit hidroponik dengan plastik agar suhu media menjadi lembab dan hangat. Lakukan hal ini selama kurang lebih 4 hari.

4. Perawatan
Proses selanjutnya dan yang terpenting adalah perawatan. Seperti yang diketahui, tanaman hidroponik tidak menggunakan tanah sebagai media tanam. Oleh karena itu, perawatan yang dilakukan harus tepat dan benar agar sayuran dapat tumbuh dengan baik. Untuk tanaman hidroponik, hal yang perlu Anda perhatikan adalah ketersediaan asupan cahaya, suhu dan nutrisi. Nutrisi ini terdiri dari unsur-unsur hara yang dibutuhkan tanaman seperti N, P, K, Mg dan lain sebagainya.

Bagaimana mudah bukan? Jika semua dilakukan dengan konsisten dan serius, maka tanaman hidroponik Anda akan dapat tumbuh dengan baik. Demikian tulisan mengenai Cara Menanam Sayuran Hidroponik sederhana, semoga bermanfaat untuk Anda. Baca juga Cara Menanam Hidroponik Sederhana Untuk Pemula di Rumah

Cara Menanam Sayuran Hidroponik Sederhana di Rumah Tanpa Repot | kebun | 4.5