berkebun
Sedang memuat....Cara Menanam Jagung Manis P21....

Cara Menanam Jagung Manis P21

Cara Menanam Jagung Manis P21 – Tanaman jagung merupakan salah satu jenis tanaman pangan biji-bijian dari keluarga rumput-rumputan. Tanaman jagung bersal dari Amerika yang tersebar Asia dan sekitarnya termasuk Indonesia melalui kegiatan bisnis orang-orang Eropa ke Amerika.

Jagung biasanya diolah dengan cara dicampurkan dengan sayuran, atau bahkan hanya dibakar saja. namun jagung juga digunakan bahan dasar sebuah olahan seperti minyak jagung, bahan dasar tepung maizena, kebutuhan pakan ternak, dan sebagainya. Bahakan olahan jagung yang berupa snack atau makanan ringan memiliki banyak penggemar setia. Contohnya seperti, keripik jagung, popcorn, dan lain sebagainya.

Namun olahan jagung tidak hanya untuk bahan makanan saja, jagung kini telah dikembangkan dan diolah menjadi bioenergy, hingga bahan kosmetik, dan tentunya masih banyak lagi.

Dari berbagai macam jagung, terdapat salah satu macam jagung yang banyak diminati oleh para petani jagung. Yaitu Jagung Manis P21. Bukan tanpa alasan mengapa jenis jagung manis P21 ini menjadi primadona di kalangan para petani jagung. Jagung manis P21 memiliki banyak keunggulan, yakni bentuk bagal yang menarik, dengan klobot yang menutup sempurna sehingga menjamin hasil panen yang baik, potensi hasil panen sangat tinggi, yaitu hingga 13,3 ton pipil kering/ha.

Selain itu jagung manis P21 tidak memerlukan banyak air, tahan terhadap kekeringan, memiliki perakaran yang kokoh dan ketahanan yang baik terhadap beberapa penyakit. Namun untuk pertumbuhan optimalnya, jagung menghendaki beberapa persyaratan.

Salah satu persyaratan tanaman jagung agar dapat tumbuh secara optimal adalah iklim. Iklim yang dikehendaki oleh tanaman jagung adalah daerah-daerah beriklim sedang hingga daerah beriklim sub-tropis atau tropis yang basah.

Kemudian syarat berikutnya adalah lahan, untuk lahan yang tidak beririgasi, pertumbuhan tanaman jagung P21 akan memerlukan curah hujan yang ideal sekitar 85-200 mm setiap bulannya dan harus merata.Sebaiknya tanaman jagung mulai ditanam di awal musim hujan, dan menjelang musim kemarau.

Pertumbuhan tanaman jagung sangat membutuhkan sinar matahari. Tanaman jagung yang ternaungi, pertumbuhannya akan terhambat dan memberikan hasil biji yang kurang baik bahkan dapat membentuk buah.

Suhu yang dikehendaki tanaman jagung manis jenis P21 sekitar 22-34 derajat celcius. Namun untuk masa pertumbuhan akan membutuhkan suhu yang berkisar 23-37 derajat celcius. Dan untuk proses perkecambahan memerlukan suhu sekitar 30 derajat celcius.

Media tanam yang baik untuk menanam jagung manis jenis P21 agar dapat tumbuh secara optimal yaitu tanah harus gembur, subur dan kaya akan humus. Dan pH yang tepat untuk menanam jagung manis jenis P21 adalah 5,6-7,7.

Cara Menanam Jagung Manis P21

  • Tahap pertama untuk menanam jagung manis jenis P21, anda harus mengetahui persyaratan benih yang bermutu tinggi, baik genetik, fisik, maupun fisiologinya. Benih yang berkualitas tersebut dapat diperoleh bila menggunakan benih bersertifikat. Pada umumnya benih yang dibutuhkan sangat bergantung pada kesehatan benih, kemurnian benih dan tumbuh benih.
  • Sebelum benih ditanam sebaiknya benih dicampur dahulu dengan fungisida seperti benlate untuk menangkal jamur. Namun jika diduga aka nada serangan lalat bibit dan ulat agrotis, sebaiknya benih dimasukkan ke dalam lubang bersama dengan isektisida butiran sistemik seperti furadan.
  • Kemudian hal yang harus dilakukan berikutnya adalah mengelola media tanam. Yang harus dilakukan adalah membalik tanah dan memecah bongkahan tanah agar memperoleh tanah yang gembur untuk memperbaiki areasi.
  • Bersihkan lahan dari sisa tanaman sebelumnya. Jika perlu bakar sisa tanaman dan abu sisa tanaman yang dibakar dikembalikan ke tanah.
  • Bentuk badengan, setiap 3 meter dibuat saluran drainase sepanjang barisan tanaman. Sedangkan lebar saluran 25-30 cm dengan kedalaman 20 cm.
  • Untuk menanam bibit jagung manis jenis P21 gunakan tugal (kayu yang diruncingkan) tugal digunakan untuk menekan tanah yang nantinya akan ditanami. Buat lubang tanam antara 3-5 cm dan setiap lubang diberi 1 biji bibit jangung manis jenis P21.
  • Jarak tanaman jagung disesuaikan dengan umur panennya, semakin panjang umur panennya maka tempatnya akan lebih luas
  • Cara penanamannya beri jarak 75 cm x 75 cm dan tanam satu biji bibit jangung manis jenis P21.
  • Lakukan penjarangan dengan cara memotong dengan pisau atau gunting yang tajam tepat di atas permukaan tanah. Hal ini bertujuan untuk mengurangi tanaman jagung yang berdempetan sehingga mengganggu masa pertumbuhan tanaman jagung yang lainnya.
  • Jika perlu lakukan penyulaman yang dilakukan 7-19 hari setelah tanam. Hal ini bertujuan untuk mengganti benih yang tidak tumbuh atau benih yang mati.
  • Tahap berikutnya adalah pemupukan jagung. Setiap hektarnya menggunakan pupuk urea sebannyak 75-100 kg, dan pupuk KKCl sebanyak 50-100 kg/ ha. Pemupukan tanaman jagung dilakukan secara bertahap. Untuk pemupukan tahap pertama diberikan secara bersamaan ketika waktu menanam. Sedangkan pemupukan tahap kedua adalah ketika umur jagung telah berumur 3-4 minggu setelah tanam, dan tahap pemupukan terakhir adalah ketika tanaman jagung telah berumur 8 minggu setelah tanam.
  • Untuk pengairan atau penyiraman dapat dilakukan secukupnya, namun jika tanah lembab berikan pengairan secukupnya saja. Dan ketika tanaman akan berbunga lakukan pengairan atau penyiraman dengan intensitas yang mulai meningkat. Artau jika perlu air di alirkan pada parit-parit di antara bumbuhan tanaman jagung.
  • Untuk pengendalian hama pada tumbuhan jagung manis jenis P21 Anda dapat menyemprotkan pestisida secukupnya pada tanaman padi yang telah terserang hama.
  • Untuk periode panen jagung berbeda-beda, untuk jagung untuk keperluan sayur, dapat dipetik 15 hingga 21 hari setelah tanam. Sedangkan untuk pemetikan jagung untuk dikonsumsi dapat dilakukan  ±4 minggu setelah tanaman berbunga.
  • Ciri jagung yang telah layak panen adalah daunnya sudah kering 80%, kulit atau klobot jagung sudah kering, buah jagung padat dan keras, dan warna buah jagung bening dan mengkilat.
  • Untuk teknik pemanenan dengan cara memutar bagal bersama klobotnya atau dapat dilakukan dengan mematahkan tangkai buah jagung. Untuk lahan yang luas (biasanya untuk budidaya jagung) dapat menggunakan mesin pemetik.

Nah itulah cara menanam jangung manis P21. Anda dapat memppraktekkan untuk budidaya tanaman jagung atau mencobanya di lahan tanam Anda di rumah. Jangan lupa untuk selalu membaca artikel-artikel berkebun lainnya hanya di sini. Selamat berkebun dan semoga bermanfaat.

Cara Menanam Jagung Manis P21 | rafa | 4.5