Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Menanam Hidroponik Tomat dengan Langkah Sederhana Di Rumah

Cara Menanam Hidroponik Tomat dengan Langkah Sederhana – Bercocok tanam ternyata tidak sesulit yang dibayangkan, apalagi jika Anda memilih teknik hidroponik. Teknik bercocok tanam ini mudah dilakukan karena tidak membutuhkan lahan yang luas dan tanah sebagai media tanamnya. Hanya ada beberapa jenis tumbuhan yang bisa ditanam secara hidroponik, salah satunya adalah tomat. Lalu, bagaimana cara menanam hidroponik tomat? Berikut ini penjelasan singkat mengenai langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk menanam tomat hidroponik.

Cara Menanam Hidroponik Tomat

Cara Menanam Hidroponik Tomat (hidroponikstore)

Cara Menanam Hidroponik Tomat Sederhana Di Pekarangan Rumah :

1. Langkah pertama ialah menyemai bibit tomat. Hal ini penting dilakukan sebelum proses penanaman. Anda bisa menggunakan cocopeat sebagai media semai. Cocopeat adalah serbuk sabut kelapa yang umum digunakan untuk proses penyemaian maupun sebagai media tanam. Basahi cocopeat dan biji tomat, lalu letakkan biji tomat di atasnya. Simpan cocopeat di tempat yang tidak terkena matahari dan tunggu hingga daun dan akar tomat mulai tumbuh, sekitar 28 hari.

2. Langkah kedua untuk cara menanam hidroponik tomat adalah memindahkan benih tomat ke dalam media tanam. Anda bisa menggunakan botol plastik bekas yang dipotong menjadi dua. Pindahkan tanaman tomat yang akarnya sudah dibersihkan dari sisa cocopeat ke dalam media tanam botol bagian atas yang diposisikan terbalik. Gunakan busa untuk menahan tanaman tetap dalam wadah. Lalu, lapisi bagian botol yang satunya dengan plastik hitam di bagian luar untuk mencegah tumbuhnya alga. Susunlah kedua bagian botol tersebut dan rawatlah tanaman tomat hingga tumbuh besar.

3. Langkah selanjutnya adalah memindahkan tanaman tomat ke dalam media tanam yang lebih besar. Semakin besar tanaman, semakin banyak nutrisi yang dibutuhkan. Agar Anda tidak terlalu sering mengganti atau mengisi ulang larutan nutrisi ke dalam botol di bagian bawah, sebaiknya gunakan wadah yang lebih besar seperti talang air jenis PVC. Lalu, gunakan styrofoam yang sudah dilubangi untuk tempat botol bagian atas. Isilah wadah dengan larutan nutrisi, namun sebaiknya jangan sampai merendam seluruh bagian akar. Berilah sedikit jarak agar akar dapat bernapas.

4. Langkah terakhir yang harus dilakukan untuk cara menanam hidroponik tomat adalah perawatan. Jangan lupa untuk selalu mengontrol persediaan larutan agar tanaman tomat Anda selalu mendapatkan nutrisi yang cukup. Tanaman akan terus tumbuh besar hingga muncul bunga lalu menjadi buah. Untuk proses pertumbuhan ini, tentunya tanaman akan membutuhkan nutrisi yang lebih banyak lagi. Jika Anda merawatnya dengan benar, Anda akan mendapatkan hasil panen buah tomat yang banyak dan segar.

Itulah langkah-langkah sederhana dan penjelasan singkat mengenai cara menanam hidroponik tomat. Dengan peralatan yang sedikit dan mudah didapat serta cara-cara yang sangat sederhana, Anda bisa melakukannya di rumah. Bercocok tanam buah tomat dengan cara hidroponik memang sangat cocok untuk dipraktekkan di lingkungan rumah tangga karena tidak memerlukan lahan yang luas untuk media tanamnya.

baca juga : Cara Menanam Selada Secara Hidroponik Dengan Alat Sederhana

Cara Menanam Hidroponik Tomat dengan Langkah Sederhana Di Rumah | kebun | 4.5