Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Menanam Hidroponik Sederhana Untuk Pemula di Rumah

Cara Menanam Hidroponik Sederhana yang Mudah – Bagi sebagian orang, berkebun merupakan kegiatan yang begitu menyenangkan. Hanya saja bagaimana jika luas lahan yang dimiliki tidak mencukupi untuk Anda berkebun? Maka solusi terbaik adalah dengan menanam hidroponik. Banyak masyarakat yang mencari informasi mengenai cara bertanam hidroponik sederhana. Berkebun menggunakan cara hidroponik memungkinkan Anda untuk menanam tanaman hias ataupun sayuran di halaman yang tidak luas bahkan untuk di dalam rumah sekalipun.

Cara Bertanam Hidroponik Sederhana yang Mudah

Cara Bertanam Hidroponik (graneddotid)

Sebelum mengetahui cara menanam hidroponik sederhana, Anda harus tahu bahwa metode hidroponik dibedakan menjadi beberapa bagian tergantung dari media yang digunakan untuk menangkap nutrisi. Ada hidroponik kultur agregat yang menggunakan media tanam kerikil, kelereng atau pasir. Kemudian ada hidroponik kontinyu yang menggunakan media pompa untuk melarutkan air yang dipenuhi dengan kandungan nutrisi. Dan ada pula yang diberi nama aeroponik, yakni menggunakan media udara dengan cara menggantungkan akar tanaman dan secara kontininyu menyemprotkan tanaman dengan kabut yang mengandung nutrisi.

Bagi Anda yang masih pemula maka Hidroponik dengan sistem Wick merupakan pilihan terbaik. Hal tersebut dikarenakan media tanamnya sangat mudah diperoleh dan proses pembuatanpun cukup mudah. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk membuat hidroponik sederhana.

Cara Bertanam Hidroponik Sederhana yang Mudah Untuk Pemula :

1. Mempersiapkan bahan-bahan
Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat hidroponik sederhana ini diantaranya adalah botol plastik bekas air mineral, jerigen plastik, gelas plastik bekas, nutrisi hidroponik, kain biasa atau panel untuk sumbu dan yang terpenting adalah media tanam. Media yang bisa Anda pilih yaitu arang sekam, kerikil, rocwool, pecahan bata merah dan pasir malang. Anda bisa memilihnya sesuai dengan selera.

2. Siapkan media tanam
cara menanam hidroponik sederhana selanjutnya adalah mulai membuat media tanam tanaman. Caranya adalah dengan memotong botol pada bagian tengah menjadi 2 bagian yang berbeda. Kemudian dilubangi leher botol untuk memasang sumbu serta aliran udara. Kemudian dipasang sumbu yang telah disiapkan pada sisi botol bagian bawah dan dimasukkan sisi atas leher botol ke sisi yang bawah dengan cara dibalik. Dan diisi sisi atas botol dengan media yang Anda pilih.

3. Menabur bibit
Terakhir, jika media tanam telah siap Anda bisa mulai menabur bibit sekitar 2 hingga 3 bibit ke dalam botol. Setelah itu, lakukan perawatan dengan menyiram tanaman hidroponik dengan larutan nutrisi.

Perlu diingat bahwa tanaman hidroponik bergantung pada ketersediaan cahaya matahari. Oleh karena itu, Anda yang hendak menanam hidroponik secara indoor harus memiliki sistem pencahayaan yang mencukupi. Mudah bukan cara menanam hidroponik sederhana tersebut? Tak perlu menggunakan banyak bahan dan uang banyak, Anda bisa memanfaatkan barang-barang bekas yang ada untuk membuat sebuah tanaman hidroponik.

Baca juga : Cara Menanam Hidroponik Tomat dengan Langkah Sederhana

Cara Menanam Hidroponik Sederhana Untuk Pemula di Rumah | kebun | 4.5