Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Menanam Hidroponik Sawi Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Cara Menanam Hidroponik Sawi yang Bisa Dilakukan Di Rumah – Teknik bercocok tanam hidroponik memang sudah tidak asing lagi saat ini. Banyak petani yang menerapkan sistem ini karena lebih mudah dan hemat biaya. Ada beberapa jenis tanaman yang bisa dibudidayakan dengan metode hidroponik dan salah satunya adalah sayuran hijau, sawi.

Cara menanam hidroponik sawi pun tidaklah sulit. Seperti menanam tanaman hidroponik lainnya, langkah-langkah yang harus dilakukan di antaranya adalah penyemaian, pemindahan benih ke media tanam dan terakhir adalah perawatan. Cara sederhana ini sangat mudah dilakukan, sehingga Anda bisa melakukannya di rumah. Berikut ini penjelasan singkat untuk setiap langkahnya.

Cara Menanam Hidroponik Sawi

Cara Menanam Hidroponik Sawi (petanirumahan)

1. Langkah awal yang harus Anda lakukan untuk cara menanam hidroponik sawi adalah menyemai bibitnya. Penyemaian harus dilakukan terlebih dahulu sebelum memulai proses penanaman hidroponik. Anda bisa menggunakan rockwool untuk media semai bibit sawi. Media ini sering dipilih karena kemampuan menyerap air yang sangat baik juga bersih dan bebas dari hama penyakit. Potonglah rockwool menjadi beberapa bagian kecil dan basahilah dengan air. Lalu pilihlah bibit sawi terbaik dan letakkan pada media semai tersebut. Rockwool bisa diletakkan dalam baki atau nampan dan di simpan di dalam ruangan yang tidak terkena sinar matahari hingga tumbuh akar dan beberapa daun.

2. Langkah kedua adalah memindahkan bibit sawi yang telah tumbuh ke dalam media tanam. Anda bisa menggunakan botol plastik bekas yang dipotong menjadi dua. Ambillah bagian tas botol untuk wadah media tanam sawi. Pindahkan bibit sawi yang sudah disemai sebelumnya ke dalam botol tersebut dengan bagian kepala di bawah. Masukkan abu sekam ke dalam botol sebagai media tanam. Lalu, siapkan paralon besar yang sudah ditutup kedua ujungnya dan dibuat beberapa lubang seukuran botol plastik yang Anda gunakan. Isikan paralon dengan larutan nutrisi dan masukkan botol ke dalam lubang. Pastikan akar tanaman tidak terendam seluruhnya.

3. Langkah ketiga dan terakhir untuk cara menanam hidroponik sawi adalah perawatan. Lakukan pengontrolan terhadap persediaan nutrisi dalam paralon, Isikan kembali paralon saat persediaan larutan mulai berkurang. Seiring pertumbuhan tanaman sawi, nutrisi yang dibutuhkan pun semakin banyak dan akan lebih sering habis. Tidak hanya menyerap nutrisi melalui akar, tanaman sawi juga bisa diberikan nutrisi melalui penyemprotan. Perawatan yang dilakukan dengan benar akan menghasilkan tanaman sawi yang sehat dan subur.

Itulah ketiga langkah penanaman sawi dengan cara hidroponik yang sangat mudah dilakukan. Jadi, tidak hanya petani sayuran yang bisa menaman sawi hidroponik, Anda bahkan bisa mempraktekkannya di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah dari cara menanam hidroponik sawi tersebut, Anda akan dapat memanen hasil tanaman sawi Anda sendiri. Selain caranya yang mudah, peralatan yang digunakan pun tidak terlalu banyak dan tidak membutuhkan banyak biaya.

Baca juga : Cara Menanam Hidroponik Dengan Media Air Untuk Menanam Sayuran

Cara Menanam Hidroponik Sawi Yang Bisa Dilakukan Di Rumah | kebun | 4.5