Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas Minuman

Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas Minuman – Hidroponik adalah salah satu sistem bertanam yang tidak menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Metode ini sering diterapkan pada daerah-daerah yang minim lahan. Ada beberapa cara menanam hidroponik dengan botol bekas atau dengan memanfaatkan peralatan lain seperti paralon. Cara bercocok tanam ini sangat memungkinkan jika diterapkan pada rumah-rumah yang ada di daerah perkotaan yang padat. Karena metode bercocok tanam yang satu ini sangat bergantung dengan air sebagai media tumbuh, maka sebaiknya perhatikan kualitas air yang digunakan.

Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas Minuman

Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas Minuman

Ada banyak sekali teknik hidroponik, salah satunya adalah cara menanam hidroponik dengan botol bekas atau yang disebut metode Wick. Alat yang dibutuhkan untuk metode ini adalah botol bekas, paku, gunting, pisau atau cutter, pupuk kompos, kain untuk sumbu bisa dari kain biasa atau dari kain flanel dan arang sekam atau serbuk kayu untuk media tanam.

Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas Minuman di Pekarangan Rumah :

Cara menanam hidroponik dengan botol bekas minuman adalah sebagai berikut:
1. Potong botol bekas minuman dengan ketentuan bagian atas lebih pendek dari bagian bawahnya menggunakan gunting, pisau atau cutter.
2. Beri lubang pada bagian atas botol dengan menggunakan paku yang sudah dipanaskan. Lubangi pula tutup botol agar memudahkan Anda saat memasang sumbu pada tutup tersebut kurang lebih 1 cm.
3. Masukkan sumbu yang terbuat dari kain biasa atau kain flanel pada tutup botol yang sudah dilubangi. Untuk mempermudah, lepas terlebih dahulu tutup bobol tersebut lalu masukkan sumbu kemudian pasang kembali.
4. Setelah botol bagian atas serta tutupnya sudah diberi lubang dan sumbunya sudah masuk, yang harus dilakukan selanjutnya adalah memasukkan cairan nutrisi pada botol bagian bawah. Letakkan botol bagian atas pada posisi terbaik di atas botol bagian bawah.
5. Masukkan media tanam yang sebelumnya sudah diayak dan sudah dicampur dengan pupuk kompos pada botol bagian atas.
6. Setelah media tanam sudah siap, yang perlu Anda lakukan hanyalah menaruh bibit yang akan ditanam pada media tersebut, baik itu bibit sayuran maupun buah-buahan.

Cara Budidaya Tanaman Hidroponik Sederhana

Cara Budidaya Tanaman Hidroponik Sederhana image : azamrumahherbal.com

Cara Menanam Hidroponik dengan Botol

Cara Menanam Hidroponik dengan Botol via Sulaimanjaya

cara membuat tanaman hidroponik dari botol aqua

Langkah-langkah di atas hanya merupakan salah satu alternatif cara bertanam dengan menggunakan benda-benda tidak terpakai seperti botol bekas minuman. Setelah mengetahui bagaimana cara menanam dengan metode hidroponik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah untuk menaruh pot-pot hidroponik pada tempat yang terkena sinar matahari bukan di tempat yang tertutup. Hal ini perlu dilakukan agar tanaman bisa memperoleh sinar yang cukup untuk tumbuh.

Selain itu, perhatikan juga nutrisi untuk tanaman. Karena tidak tumbuh di tanah, Anda harus memastikan bahwa tanaman terpenuhi kebutuhan nutrisinya dari larutan khusus yang disediakan. Semoga penjelasan mengenai cara menanam hidroponik dengan menggunakan botol bekas di atas dapat bermanfaat.

Baca juga : Cara Menanam Cabe Dengan Hidroponik Dalam Polybag

Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas Minuman | kebun | 4.5