Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Menanam Cabe Dengan Hidroponik Dalam Polybag

Cara Menanam Cabe Dengan Hidroponik Dalam Polybag – Bagi penyuka masakan pedas, cabai adalah bahan yang sangat krusial. Harga cabai yang sering melonjak di pasaran sering kali menjadi kendala bagi para penggemar kuliner yang membakar lidah. Tetapi, kini banyak cara untuk melakukan budidaya cabai, salah satunya adalah dengan metode hidroponik, yaitu sistem tanam yang menggunakan media non-tanah. Cara menanam hidroponik cabe dengan polybag bisa diterapkan bagi Anda yang ingin bercocok tanam tetapi memiliki kendala karena keterbatasan lahan. Beberapa keunggulan budidaya dengan metode hidroponik adalah sebagai berikut.

Cara Menanam Hidroponik Cabe Dengan Polybag

Cara Menanam Hidroponik Cabe Dengan Polybag (caraberkebun)

Cara Menanam Hidroponik Cabe Dalam Polybag :

1. Menghemat penggunaan lahan karena kepadatan tanaman dapat dilipatgandakan.
2. Panen dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
3. Kualitas produk (ukuran, warna, bentuk, kebersihan, rasa) terjamin karena semua kebutuhan nutrisi dapat dikontrol dengan baik.

Setelah mengetahui keunggulannya, berikut adalah langkah-langkah dalam cara menanam cabe dengan hidroponik.

1. Langkah awal untuk menghasilkan tanaman cabai yang sehat adalah mencari bibit yang bagus. Bibit tersebut berasal dari cabai yang memiliki bentuk sempurna dan sudah masak. Iris memanjang cabai tersebut agar mudah mengeluarkan bijinya. Kemudian kumpulkan biji cabai yang sudah dikeluarkan dan cuci bersih. Untuk mendapatkan biji cabe yang bagus, rendamlah dalam air. Pilihlah biji cabe yang berada di dasar wadah bukan yang mengapung. Setelah itu, kita masuk ke dalam proses penyemaian.

2. Siapkan nampan berukuran 3×20 cm dan taburkan cocopeat di atasnya hingga 1 cm. Siram air ke seluruh cocopeat tapi jangan sampai menggenang. Sebar benih sambil ditekan-tekan agar biji terbenam. Taruh bibit dalam ruangan. Jangan lupa sirami agar lembab, tapi jangan sampai terlalu banyak airnya. Kondisi yang terlalu basah akan mendatangkan penyakit seperti rebah semai atau busuk akar. Tunas cabai akan muncul setelah satu minggu.

3. Jika daun sejati sudah tumbuh, potong ujung cabang daun agar tanaman cabai bisa berbuah. Bibit yang siap untuk dipindahkan adalah yang sudah memiliki 4-5 daun sejati yang sehat dan bagus bentuknya. Jika proses penyemaian sudah berhasil,kini saatnya untuk memindahkan bibit ke dalam polybag. Cabut dengan hati-hati sebelum memindahkan benih ke dalam media tanam. Polybag yang digunakan sebaiknya berukuran 40×40 cm dan telah diisi dengan cocopeat serta sekam bakar dengan rasio 1:1. Setiap polybag diisi dengan satu buah bibit. Siram dengan air secukupnya.

Perawatan yang tepat pasca tanam juga merupakan faktor penting dalam cara menanam hidroponik cabe dengan polybag. Tanaman perlu disiram secara rutin agar kesegarannya terjaga sehingga bisa tumbuh baik. Beberapa penyakit cabai seperti penyakit layu bakteri maupun bercak daun bisa mengancam kelangsungan tanaman cabai. Untuk itu, pemeriksaan rutin sangat dibutuhkan pasca tanam. Penggunaan insektisida organik bisa menjadi pilihan untuk perawatan tanaman tersebut. Demikian sekelumit penjabaran tentang cara menanam hidroponik cabe dalam polybag. Semoga berguna dan dapat segera dipraktekkan.

Cara Menanam Cabe Dengan Hidroponik Dalam Polybag | kebun | 4.5