Tunggu, sedang memuat. . .

Bahan & Cara Menanam Bawang Merah Secara Hidroponik di Rumah

Bahan & Cara Menanam Bawang Merah Secara Hidroponik – Bawang merah termasuk dalam salah satu jenis tanaman umbi lapis yang sering kali digunakan sebagai bumbu masakan. Bahkan tanaman ini hampir selalu ada di setiap jenis bahan makanan. Mungkin itu yang menyebabkan tanaman ini memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Maka tidak heran apabila beberapa orang mencoba untuk mengembangbiakkannya.

Cara Menanam Bawang Merah Secara Hidroponik

Cara Menanam Bawang Merah Secara Hidroponik (petaniteguh)

Bagi Anda yang sekiranya ingin ikut membudidayakan namun memiliki lahan yang sempit, bisa mencoba cara menanam bawang merah secara hidroponik. Ini adalah salah satu metode yang paling baru dengan memanfaatkan media tanam seperti paralon, tanah dan tentu saja air. Berikut akan dijelaskan bahan dan cara dalam menanam bawang merah dengan metode hidroponik.

Bahan & Cara Menanam Bawang Merah Secara Hidroponik Di Rumah :

Bahan yang Perlu Disiapkan
Bahan yang perlu disiapkan untuk mempraktekkan cara menanam bawang merah secara hidroponik adalah:
1. Botol bekas minuman berukuran 1,5 sampai 2 liter.
2. Solder untuk melubangi.
3. Pisau untuk memotong.
4. Media tanam seperti tanah dan sekam bakar.
5. Nutrisi atau pupuk sebagai campuran penggembur tanah.
6. Bibit bawang merah
7. Air
8. Sumbu kompor atau kain flannel.

Membuat Media Penanaman Hidroponik
Sebelum menanam biji bawang merah, yang harus Anda siapkan adalah membuat media untuk menanam bawang merah yang terbuat dari botol minuman. Berikut cara-caranya:
1. Potong botol minuman menjadi dua bagian dengan bagian bawahnya lebih panjang.
2. Selanjutnya lubangi tutup botol secara melingkar dan akhiri dengan melubangi bagian tengah yang lebih besar dengan menggunakan solder.
3. Lubangi hasil potongan botol yang bagian atas dengan diameter 1 cm di dekat leher botol. Lakukan juga pada potongan botol bagian bawah, namun jangan terlalu bawah.
4. Masukkan sumbu kompor pada lubang paling besar yang ada di tutup botol.
5. Pasang botol bagian atas dan bawah secara terbalik, namun sebelum itu isi air dan dalam botol bagian bawah hingga batas di bawah lubang.
6. Untuk bagian atas botol, isikan saja media tanamnya berupa tanah dan sekam bakar. Jangan lupa juga untuk mencampurkan nutrisi agar tanah lebih subur.

Menanam Bibit Bawang Merah
Setelah media tanamnya siap, saatnya untuk menanam benihnya, dengan cara menanam bawang merah secara hidroponik. Berikut adalah langkah-langkahnya:
1. Pilih bibit bawang merah yang sudah tua dan sudah ada akarnya agar lebih mudah.
2. Bersihkan lapisan luar bawang merah dan potong sedikit ujungnya.
3. Masukkan bibit bawang merah dalam tanah hingga tertutup separuhnya.
4. Simpan hasil tanaman tadi di tempat yang terkena sinar matahari cukup.

Itulah tadi cara menanam bawang merah secara hidroponik dengan memanfaatkan botol bekas. Untuk metode hidroponik ini bisa menggunakan pula pipa paralon. Namun, bagi para pemula sebaiknya menggunakan botol saja karena lebih mudah untuk dibentuk dan mudah pula perawatannya. Baca juga Cara Menanam Hidroponik Sederhana Untuk Pemula di Rumah.

Bahan & Cara Menanam Bawang Merah Secara Hidroponik di Rumah | kebun | 4.5