Tunggu, sedang memuat. . .

Langkah Mudah Cara Membuat Tanaman Hidroponik dan Contohnya

Langkah Mudah untuk Cara Membuat Tanaman Hidroponik dan Contohnya – Saat ingin bercocok tanam, salah satu hal penting yang harus dipersiapkan adalah lahan atau media penanaman. Tanah adalah media yang sangat umum digunakan dalam bercocok tanam. Namun, tanaman bahkan bisa tetap tumbuh meski tanpa media tanah atau disebut juga tanaman hidroponik.

Cara Membuat Tanaman Hidroponik dan Contohnya

Cara Membuat Tanaman Hidroponik di Rumah

Lalu, bagaimana cara membuat tanaman hidroponik dan contohnya? Bercocok tanam dengan cara hidroponik tidaklah sulit dan bahkan bisa dilakukan di lingkungan rumah tangga. Banyak orang memilih membuat tanaman hidroponik karena tidak membutuhkan lahan luas. Berikut ini cara pembuatan tanaman hidroponik.

Baca juga : Macam – Macam Tanaman Hidroponik yang Cocok Ditanam di Rumah

Cara Menanam Hidroponik dan Contohnya :

1. Sangatlah penting mempelajari tentang cara membuat tanaman hidroponik dan contohnya sebelum Anda mempraktekkannya di rumah. Langkah pertama adalah membuat pembibitan dengan media rockwool. Potonglah rockwool menjadi bagian kecil dan basahi dengan air. Lalu, letakkan satu hingga dua biji di atasnya dan tunggu hingga biji tersebut tumbuh menjadi kecambah. Jika sudah ada daun yang tumbuh, tanaman sudah bisa dipindahkan ke dalam media tanam.

media rockwool

media rockwool (kebunhidro)

2. Langkah kedua adalah membuat media tanam. Ada banyak media tanam yang bisa Anda gunakan seperti botol plastik bekas. Potong botol menjadi dua bagian. Isikan botol bagian atas yang diposisikan terbalik dengan sumbu, sabut kelapa dan arang sekam. Sedangkan bagian botol bagian bawah diisikan dengan nutrisi cair. Susunlah kedua bagian botol tersebut dengan wadah yang terisi nutrisi berada di bagian bawah.

Cara Budidaya Tanaman Hidroponik Sederhana

Cara Budidaya Tanaman Hidroponik Sederhana image : azamrumahherbal.com

3. Langkah selanjutnya adalah penanaman. Buatlah lubang sedalam 1 hingga 2 cm untuk tempat penanaman benih. Pindahkan bibit yang telah disemai sebelumnya dari rockwool ke media tanam yang sudah dibuat. Anda harus memindahkannya dengan hati-hati agar tidak merusak akar tanaman. Kemudian tanamlah benih tersebut ke dalam media tanam.

4. Langkah terakhir yang harus dilakukan untuk cara membuat tanaman hidroponik dan contohnya adalah proses perawatan. Tanaman hidroponik akan tumbuh subur dengan mendapatkan nutrisi cair. Jadi, saat persediaan nutrisi pada wadah bagian bawah media tanam hampir habis, jangan lupa untuk mengisinya kembali. Selain penyerapan nutrisi melalui sumbu, Anda bisa juga menyemprotkan nutrisi pada tanaman. Tidak hanya nutrisi, Anda pun harus memastikan tanaman hidroponik Anda mendapatkan sinar matahari yang cukup agar dapat tumbuh dangan baik.

Jika sudah mengetahui caranya, Anda tentunya juga harus tahu contoh tanaman hidroponik yang bisa dipilih. Pasalnya, tidak semua tanaman cocok dengan metode penanaman hidroponik. Beberapa tanaman yang bisa ditanam dengan cara ini adalah tomat, selada, melon, paprika, dan bayam. Tanaman tersebut dapat tumbuh dengan baik meskipun tanpa media tanah. Itulah beberapa cara membuat tanaman hidroponik dan contohnya. Dengan mempelajari tekniknya, Anda bisa mempraktekkan cara tersebut di rumah dan menghasilkan tanaman hidroponik yang tumbuh subur serta sehat.

Baca juga : Artikel Cara Menanam Hidroponik Sederhana yang Berkualitas

Langkah Mudah Cara Membuat Tanaman Hidroponik dan Contohnya | kebun | 4.5