Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Membuat Pupuk Hidroponik Buatan Sendiri

Cara Membuat Pupuk Hidroponik Buatan Sendiri – Dalam menerapkan teknik hidroponik, larutan nutrisi adalah bahan yang paling penting untuk tanaman. Jika ingin membuat pupuk hidroponik buatan sendiri yang mudah dan hemat, maka hal tersebut tidak sulit. Nutrisi untuk hidroponik sebenarnya sama dengan nutrisi untuk tanaman yang ditanam dengan cara biasa. Namun yang membedakan adalah Anda harus menyediakan nutrisi tersebut sesuai dengan kebutuhan. Nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman yaitu berupa unsur hara. Hara dibagi menjadi dua yaitu hara makro dan hara mikro. Hara makro adalah kandungan utama pupuk yang sering dikenal berupa N, P, K, Mg, Ca, dan Sulfur. Sedangkan hara mikro adalah mineral-mineral seperti Fe, Zn, Cu, Mn, dan lain-lain.

Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Buatan Sendiri Mudah

Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Buatan Sendiri Mudah

Untuk nutrisi hidroponik tersebut lebih sering dibuat dalam bentuk cairan. Cairan tersebut nantinya akan menjadi sumber nurisi bagi tanaman untuk tumbuh dan berkembang. Berikut ini adalah cara membuat pupuk hidroponik buatan sendiri.

Cara Membuat Pupuk & Nutrisi Hidroponik Sederhana Buatan Sendiri :

• Alat dan Bahan:
1. Pupuk NPK
2. Pupuk KCL
3. Air bersih
4. Pupuk Gandasil
5. Timbangan
6. Ember
7. Pengaduk
8. Gelas plastik

• Cara membuat:
1. Siapkan gelas plastik, isi dengan 100 ml air bersih.
2. Campurkan masing-masing 10 gram pupuk NPK dan KCL ke dalam gelas 1 dan 2 yang telah diisi air. Gelas ketiga dicampur dengan 5 gram pupuk Gandasil
3. Aduk hingga larut dan tidak ada endapan
4. Campurkan semua larutan tersebut ke dalam ember, tambahkan air bersih hingga volume menjadi kurang lebih 10 liter.
5. Aduk hingga merata, pupuk siap dipakai.

Langkah-langkah di atas adalah salah satu cara membuat pupuk hidroponik buatan sendiri. Jika ingin pupuk yang lebih alami, maka caranya akan berbeda lagi dan memakan waktu yang agak lama karena harus difermentasikan. Sebagai tambahan, langkah yang telah dijabarkan di atas merupakan cara membuat pupuk untuk tanaman hidroponik berupa sawi, kangkung dan cabai. Selain bermanfaat untuk menyuburkan tanaman hidroponik Anda di rumah, cara ini juga lebih murah karena Anda tidak perlu membeli larutan nutrisi siap pakai yang ada di pasaran.

Nutrisi yang ada dalam pupuk hidroponik adalah faktor penting jika ingin tanaman Anda tumbuh subur dan hijau. Karena itu, yang harus diperhatikan adalah tanaman apa yang akan diberi pupuk dan unsur apa saja yang dibutuhkan. Jika misalnya Anda memelihara tomat atau terong hidroponik, maka dapat ditambahkan urea sebagai unsur tambahan. Bahan-bahan yang diperlukan dalam cara yang telah dijelaskan di atas dapat diperoleh di toko-toko pertanian atau toko khusus yang menjual peralatan bercocok tanam. Jadi tidak perlu khawatir dengan bahan-bahan yang terdengar rumit dan sulit didapat karena Anda bisa mendapatkannya di toko tanaman manapun. Pastikanlah tanaman hidroponik di rumah mendapatkan cukup nutrisi dengan pupuk hidroponik buatan sendiri.

Baca juga : Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Buatan Sendiri Dengan Murah & Manual

Cara Membuat Pupuk Hidroponik Buatan Sendiri | kebun | 4.5