Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Buatan Sendiri Dengan Murah & Manual

Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Buatan Sendiri Dengan Mudah – Banyak masyarakat yang penasaran dengan bagaimana Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Buatan Sendiri. Seperti yang diketahui hidroponik merupakan cara bertanam sederhana yang memanfaatkan media air sebagai dasar penanaman sehingga Anda tidak memerlukan lahan dengan area yang terlalu luas. Sederhananya, hidroponik merupakan metode budidaya tanaman untuk lahan sempit yang tidak menggunakan tanah sebagai media tanam utama pada umumnya. Hal ini membuat hidroponik tidak membutuhkan bahan kimia lain seperti herbisida maupun pestisida sehingga tanaman tetap sehat dan ramah lingkungan.

Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Buatan Sendiri Mudah

Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Buatan Sendiri Mudah

Bagi Anda yang gemar berkebun tanaman hidroponik pasti paham betul bahwa pupuk yang digunakan untuk tanaman ini terbagi menjadi dua varian yaitu nutrisi instan dan nutrisi organik. Nah, Anda yang ingin membuat tanaman hidup sehat sebaiknya menggunakan pupuk organik karena lebih ramah lingkungan. Oleh karena itu, Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Sederhana Buatan Sendiri sebaiknya Anda pelajari agar tanaman hidroponik tumbuh subur dan sehat.

Hal tersebut dikarenakan larutan nutrisi memiliki peran yang sangat penting untuk keberhasilan sebuah tanaman hidroponik. Hal tersebut mengingat media tanam yang digunakan bukanlah tanah yang biasa diberikan pada tanaman lain pada umumnya. Tanaman yang dapat dibudidayakan menggunakan media hanyalah tanaman jenis hortikultura seperti tanaman sayur, obat-obatan, buah dan tanaman hias. Bagi Anda yang penasaran dengan cara membuat nutrisi sendiri di rumah, berikut ini ada langkah-langkah dalam pembuatan nutrisi untuk tanaman hidroponik.

Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Sendiri Murah :

1. Persiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan
Langkah pertama dalam pembuatan pupuk atau nutrisi organik untuk tanaman hidroponik adalah dengan menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu yaitu Gandasil D, KCL, UREA, NPK dan toples 4 buah dengan kapasitas 1 hingga 2 liter. Bahan-bahan tersebut harus ditakar sesuai dengan kebutuhan tanaman. Untuk Gandasil D cukup gunakan sebanyak 100 gram, KCL 200 gram, Urea 200 gram, NPK 200 gram. Masing-masing bahan tersebut ditambahkan air sebanyak 1 liter.

2. Proses pencampuran
Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Buatan Sendiri selanjutnya adalah mencampur bahan yang dibutuhkan dengan air. Jika setiap bahan sudah ditakar dengan benar maka langkah selanjutnya adalah melarutkan setiap bahan dengan 1 liter air. Caranya adalah dengan memasukkan bahan-bahan pada toples yang berbeda. Kemudian ditambahkan 1 liter air pada masing-masing toples tersebut. Diaduk bahan dengan air hingga larut dan merata. Dari perbandingan antara setiap takaran tersebut, Anda sudah bisa membuat larutan nutrisi untuk 200 liter air.

Melihat betapa mudahnya membuat larutan nutrisi sendiri di rumah, maka tak ada salahnya jika Anda mencobanya bukan? Demikian ulasan mengenai Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Buatan Sendiri mudah, semoga tulisan ini bisa membantu Anda yang gemar berkebun untuk membuat pupuk atau asupan nutrisi sendiri. Baca juga Cara Menanam Hidroponik Sederhana Untuk Pemula di Rumah

Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Buatan Sendiri Dengan Murah & Manual | kebun | 4.5