Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Membuat Media Tanam Hidroponik Sederhana untuk Lahan Minimalis

Cara Membuat Media Tanam Hidroponik Sederhana untuk Lahan Minimalis  – Kegiatan bercocok tanam atau berkebun memang menyenangkan bagi beberapa kalangan, khususnya kaum ibu rumah tangga. Selain bisa dijadikan sarana refreshing, jika tanaman yang ditanam adalah tanaman sayuran dan buah-buahan bisa digunakan untuk kebutuhan rumah secara gratis. Namun, terkadang hobi tersebut tidak didukung dengan ketersediaan lahan yang luas di lingkungan perkotaan.

Cara Membuat Media Tanam Hidroponik Murah dan Sederhana

 

Artikel mengenai cara membuat media tanam hidroponik sederhana ini bisa dijadikan solusi untuk masalah tersebut. Hidroponik adalah salah satu cara menanam tanaman di media sederhana dengan memanfaatkan air tanpa perlu tanah. Lahan minimalis juga tetap bisa digunakan untuk bercocok tanaman aneka tanaman. Berikut Tahap-Tahap yang harus dilakukan.

Cara Membuat Media Tanam Hidroponik Murah & Sederhana :

1. Tahap Persiapan Bahan dan Alat
Bahan-bahan dan alat-alat yang perlu disiapkan sebagai cara membuat media tanam hidroponik sederhana yang pertama adalah Bibit tanaman baik sayuran, buah, bunga, dan sebagainya. Bahan kedua adalah nutrisi hidroponik berbentuk cairan. Bahan ketiga adalah Media tanam, media disini selain tanah misalnya pecahan bata merah, arang sekam, kerikil dan sebagainya. untuk alat-alat adalah Barang bekas untuk wadah misalnya jerigen bekas minyak goreng, gelas plastik bekas air mineral atau botol plastik bekas air mineral berukuran sedang. Alat yang terakhir adalah kain bekas yang berfungsi sebagai sumbu di media hidroponik. Kain bekas yang paling bagus digunakan adalah kain jenis flannel.

Cara Membuat Media Tanam Hidroponik Sederhana

2. Tahap Pembuatan Media Tanam Hidroponik
Cara membuat media tanam hidroponik sederhana yang kedua adalah pertama, memotong botol bekas ditengah agar menjadi 2 bagian atas dan bawah. Kedua, melubangi daerah leher botol bagian atas yang berfungsi untuk aliran udara dan tempat sumbu dipasang. Ketiga, memasang sumbu berbahan kain flannel dari bagian bawah botol ke atas. Keempat, memasukkan bagian atas botol ke bagian bawah botol secara terbalik. Kelima, mengisi bagian atas botol dengan media tanam yang telah dipilih misalnya menggunakan pecahan bata merah yang paling mudah ditemukan. Fungsi media tanam bata merah ini adalah untuk tempat pijakan akar agar tidak rebah dan jatuh. Keenam, menaburkan bibit tanaman terpilih sekitar 2-3 biji tanaman ke dalam media hidroponik yang tersedia. Terakhir, menyiramkan cairan nutrisi hidroponik ke dalam media tanam tersebut.

3. Tahap Penyimpanan
Langkah yang terakhir adalah tahap penyimpanan. Simpan media tanam hidroponik tersebut di tempat yang aman dari air hujan tetapi tetap bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup. Jika penyimpanan salah dan media hidroponik terkena air hujan, tanaman bisa menjadi layu dan akhirnya mati. Terlalu banyak terkena sinar matahri juga beresiko sama.

Demikianlah artikel mengenai cara membuat media tanam hidroponik sederhana yang bisa diterpkan di lahan yang minimalis atau kecil sekalipun. Bahan dan alat-alat yang dibutuhkan juga mudah ditemui di sekitar rumah. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dunia pertanian dan menginspirasi Anda dalam menyalurkan hobi bercocok tanam di daerah perkotaan yang padat.

Baca Juga : Cara Bercocok Tanam di Lahan Sempit Yang Efisien

Cara Membuat Media Tanam Hidroponik Sederhana untuk Lahan Minimalis | kebun | 4.5