Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Bertanam Hidroponik untuk Pemula dengan Langkah Sederhana

Cara Bertanam Hidroponik untuk Pemula dengan Langkah Sederhana – Ada banyak jenis cara bertanam hidroponik yang dikenal masyarakat. Secara singkat, hidroponik adalah sistem bercocok tanam yang tidak menggunakan unsur tanah dan memanfaatkan air. Hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan metode ini lebih kepada pemenuhan nutrisi tanaman. Cara bertanam hidroponik untuk pemula yang paling mudah biasanya memakai sistem sumbu atau wick, seperti yang akan dijabarkan pada artikel ini.

Ada banyak keunggulan bercocok tanam menggunakan hidroponik. Selain tidak memakai tempat, bercocok tanam menggunakan metode hidroponik juga steril, bersih dan relatif tidak menghasilkan polusi nutrisi. Media tanam yang digunakan bahkan bisa digunakan selama bertahun-tahun. Selain itu, hama dan pengganggu tanaman jarang ditemui jika menggunakan metode hidroponik. Tanaman nantinya akan tumbuh lebih cepat dan hasilnya lebih banyak. Dan lagi,kita akan menjadi lebih mudah untuk memanennya.

Cara Bertanam Hidroponik untuk Pemula

Cara Bertanam Hidroponik untuk Pemula (google)

Banyak media yang bisa digunakan dalam teknik cara bertanam hidroponik untuk pemula, antara lain rockwool, arang sekam, zeolit, serbuk sabut kelapa, gambut (peat moss) dan lain-lain. Wadah yang bisa digunakan untuk bertanam secara hidroponik juga bermacam, bahkan bisa dengan mudah ditemui di sekitar kita. Pot, kaleng bekas cat, botol mineral bekas, drum bekas bahkan pipa pralon pun bisa digunakan sebagai wadah. Jangan lupa menyiapkan bibit yang sudah pecah benih atau yang sudah disemai sebelumnya.

Baca juga : Cara Menanam Hidroponik Sederhana Untuk Pemula di Rumah

Selanjutnya akan dibahas cara bertanam hidroponik untuk pemula dengan sistem sumbu. Sistem sumbu memanfaatkan kemampuan serap (kapilaritas) sumbu guna mengangkut larutan nutrisi menuju akar tanaman. Wadah yang akan digunakan kali ini adalah gelas plastik sebanyak 2 buah, atau bisa juga menggunakan botol plastik bekas yang dipotong menjadi 2 bagian. Sumbu yang dipakai bisa berupa sumbu kompor, kain nylon atau kain flannel. Untuk media tanam, Anda bisa memakai bahan yang ada di sekitar Anda. Selanjutnya, perhatikan larutan nutrisinya. Anda bisa membuat campurannya sendiri atau membelinya di toko pertanian. Berikut langkah bercocok tanam dengan metode hidroponik.

Cara Berkebun Hidroponik untuk Pemula :

1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah melubangi dasar salah satu wadah yang sudah disediakan tadi dan pasangi sumbu.
2. Letakkan media tanam beserta benih yang sudah dipindahkan dari tempat penyemaian ke dalam wadah bersumbu. Untuk wadah yang tidak dilubangi, tuangkan larutan nutrisi di dalamnya.
3. Setelah itu, letakkan kedua wadah tersebut dengan posisi saling tumpang tindih. Wadah dengan bibit berada di atas, sementara wadah berisi larutan nutrisi berada di bawah. Tanaman yang mulai besar memiliki kemampuan menyerap cairan nutrisi lebih cepat, sehingga dibutuhkan pengecekan dan penambahan  larutan secara konsisten agar tanaman tidak kekurangan nutrisi.
4. Letakkan tanaman di tempat yang terkena sinar matahari dalam intensitas rendah. Waktu panen akan tergantung dari jenis tanaman yang dibudidayakan.

Itulah langkah-langkah cara bertanam hidroponik untuk pemula. Yang dibutuhkan hanyalah ketelatenan agar tanaman bisa tumbuh subur. Selamat mempraktekkannya di rumah.

Baca juga : Cara Menanam Hidroponik dengan Botol Bekas Di Rumah Bagi Pemula

Cara Bertanam Hidroponik untuk Pemula dengan Langkah Sederhana | kebun | 4.5