Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Bercocok Tanam di Lahan Sempit Yang Efisien

Cara Bercocok Tanam di Lahan Sempit – Anda yang suka bercocok tanam namun tidak memiliki lahan yang luas tidak perlu khawatir. Sebab sekarang ini ada banyak Cara Bercocok Tanam di Lahan Sempit. Dengan mengoptimalkan lahan yang ada, meskipun sempit Anda sudah bisa menanam berbagai jenis tanaman.  Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih tanaman untuk lahan sempit. Salah satunya adalah dengan memilih tanaman yang kerdil. Jika lahan yang Anda miliki tidak begitu luas maka jangan menanam pohon dengan batang yang tinggi misalnya saja buah-buahan. Pasalnya tanaman buah-buahan dapat hidup dengan batang dan daun yang besar dan jelas saja akan membuat lahan kebun Anda semakin terlihat sempit. Pilih saja tanaman kerdil seperti tanaman hias atau sayur-sayuran.

Cara Bercocok Tanam di Lahan Sempit

Cara Bercocok Tanam di Lahan Sempit (Ekowulanda)

Selain itu, tanaman dengan usia panen yang cepat juga pilihan terbaik untuk lahan kebun yang sempit. Disamping melihat pekarangan rumah yang asri, Anda juga bisa menikmati hasil panen dengan cepat. Tanaman yang memiliki jangka waktu panen cepat adalah sayuran khususnya selada. Selain hal-hal tersebut, Anda yang ingin bercocok tanam di lahan yang sempit juga harus memerhatikan metode yang digunakan untuk berkebun. Oleh karena itu, kali ini akan diulas mengenai metode tanam yang cocok digunakan untuk lahan sempit.

Cara Bercocok Tanam atau Menanam di Lahan yang Sempit :

1. Metode Vertikultur
Sama seperti namanya, Cara Bercocok Tanam di Lahan Sempit metode ini adalah dengan memanfaatkan bidang vertikal untuk tempat penanaman. Caranya adalah dengan menggantungkan tanaman secara bertingkat. Metode Vertikultur ini bisa dikatakan sangat cocok untuk diaplikasikan pada tanaman sayuran. Dengan metode ini, maka Anda akan mendapatkan pekarangan yang asri dan natural. Beberapa tanaman sayuran yang bisa dibudidayakan dengan metode ini adalah seledri, kangkung, sawi, pakcoy, tomat dan lain sebagainya.
Tak hanya digantung, metode ini memiliki beberapa model diantaranya adalah tegak, tempel dan rak. Tak hanya mudah diterapkan, Anda juga tidak membutuhkan banyak bahan dan alat untuk bercocok tanam dengan metode ini. Cukup memanfaatkan barang-barang bekas misalnya pipa paralon, wadah kaleng, toples kaca dan lainnya Anda sudah bisa bercocok tanam di pekarangan sempit.

2. Metode tabulampot
Cara Bercocok Tanam di Lahan Sempit selanjutnya adalah dengan menggunakan metode tabulampot. Metode tabulampot berasal dari singkatan tanaman buah dalam pot. Metode ini sudah banyak diterapkan diperkotaan, yang mana memang memiliki pekarangan rumah terbatas. Sama halnya dengan menanam biasa, metode ini memanfaatkan media tanam berupa tanah dengan kombinasi kompos serta sekam. Alat yang dibutuhkan untuk metode ini juga sangat mudah didapatkan, diantaranya adalah plastik, tanah, kayu, pot dan lain-lain.

3. Metode hidroponik
Sekarang ini, metode hidroponik memang sedang populer di berbagai kalangan masyarakat. Pasalnya metode ini tidak membutuhkan lahan yang luas. Selain itu, metode ini juga tidak menggunakan tanah sebagai media tanamnya.

Beberapa metode yang disebutkan tadi merupakan metode bercocok tanam yang sangat sesuai untuk diterapkan pada lahan yang terbatas. Demikian ulasan mengenai Cara Bercocok Tanam di Lahan Sempit, semoga bermanfaat. Baca juga Cara Menanam Hidroponik Sederhana Untuk Pemula di Rumah

Cara Bercocok Tanam di Lahan Sempit Yang Efisien | kebun | 4.5