Tunggu, sedang memuat. . .

Artikel Cara Menanam Hidroponik Sederhana yang Berkualitas

Artikel Cara Menanam Hidroponik Sederhana yang Berkualitas – Teknologi modern di bidang pertanian telah mampu membuat inovasi terbaru untuk menanam sayur-mayur dan buah-buah dengan metode sederhana. Teknologi ini disebut dengan istilah hidroponik. Hidroponik merupakan sebuah metode budidaya tanaman tanpa menggunakan tanah. Media tanah  diganti dengan sabut kelapa atau serat mineral, bisa juga menggunakan media tanam yang lainnya sebagai pengganti tanah. Pada teknologi ini, dibutuhkan larutan hidroponik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman. Larutan tersebut biasanya berupa campuran bahan kimia yang bisa diperoleh di toko pertanian. Artikel cara menanam hidroponik sederhana bisa ditemukan di internet dengan mudah. Dalam tulisan ini pun akan dijelaskan bagaimana cara menanam menggunakan teknik hidroponik sederhana.

Artikel Cara Menanam Hidroponik Sederhana yang BerkualitasArtikel cara menanam hidroponik sederhana biasanya dilakukan dengan sistem wick. Sistem ini sangat mudah dan murah karena memanfaatkan barang-barang bekas seperti botol minuman. Pertama-tama, buatlah media tanamnya terlebih dahulu dengan cara sebagai berikut.

Artikel Cara Menanam Hidroponik Sederhana Di Rumah :

1. Siapkanlah botol plastik air mineral ukuran 1,4 sampai dua liter.
2. Potong botol plastik menjadi dua bagian menggunakan gunting.
3. Pada bagian atas botol, buatlah lubang dengan diameter 1 cm di salah satu sisinya. Setelah itu, lubangi juga bagian bawah sebesar 1 cm di sisi yang berbeda.
4. Pada tutup botol, buatlah lubang kecil-kecil dan lubang besar di bagian tengah.
5. Siapkan kain flannel atau sumbu kompor dan pasangkan pada tutup botol.
6. Isi air pada bagian bawah botol, pasangkan bagian atas botol dengan posisi terbalik
7. Isilah botol atas dengan menggunakan media tanam selain tanah (arang, sekam, dan larutan hidroponik).

Baca juga : Cara Budidaya Tanaman Hidroponik Sederhana Mudah dan Praktis

Setelah menyiapkan media tanamnya, sekarang siapkanlah bibit sayuran yang akan di tanam secara hidroponik. Beberapa tanaman hidroponik yang paling umum adalah pak choi, cabe, sawi, brokoli, bayam, kangkung, tomat, bahkan strawberry. Pilihlah benih sayuran sesuai yang Anda inginkan. Sebelum di tanam pada hidroponik kit, semailah terlebih dahulu benih yang akan di tanam pada media tanah sampai proses perkecambahan selesai. Proses penyemaian ini biasanya memerlukan waktu 3 sampai dengan lima hari. Setelah bibit tumbuh dengan tinggi 5 cm, Anda bisa memindahkannya ke hidroponik kit yang sudah dibuat sebelumnya. Berdasarkan berbagai informasi dari artikel cara menanam hidroponik sederhana, teknik ini memang terbilang mudah.

Keunggulan metode ini adalah bisa dilakukan dengan mudah tanpa menggunakan tanah. Usaha ini pun bisa dilakukan mulai dari skala kecil sampai skala besar untuk tujuan komersial. Kelebihan model tanaman hidroponik adalah ramah lingkungan, hemat air dan mengurangi produksi CO2. Model budidaya seperti ini pun dinilai lebih hemat, cepat dan berkualitas. Dengan menggunakan teknik tersebut, hobi menanam sayuran bisa dilakukan dengan mudah di rumah Anda. Demikian adalah ulasan artikel cara menanam hidroponik sederhana. Semoga semua yang telah dijelaskan dalam tulisan ini bermanfaat untuk menambah wawasan Anda.

Baca juga : Cara Menanam Hidroponik dengan Botol Bekas Di Rumah Bagi Pemula

Artikel Cara Menanam Hidroponik Sederhana yang Berkualitas | kebun | 4.5